Jangan Lupa Ya Guys Besok Pembukaan Pendaftaran Beasiswa LPDP, Ini Mekanisme Pendaftarannya

https://www.birulangit.id/?m=1



Birulangitid-Apa kabar sobat birulangitid pemburu beasiswa. Pastinya sudah pada tau kan kalau besok besok Proses registrasi online beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP) akan berlangsung pada esok hari, Selasa, 6 Oktober 2020. Bila berminat jangan sampai terlupakan proses registrasi tersebut. 

Mengutip website lpdp. kemenkeu.go.id, Senin (5/10/2020), beasiswa LPDP 2020 akan dibuka dalam dua jenis, yakni beasiswa pendidik dan beasiswa perguruan tinggi utama dunia.

Tak lupa, mekanisme keseluruhan program LPDP 2020 akan menggunakan mitigasi penyebaran Covid-19.

Pembukaan LPDP ditengah pandemi Covid-19, demi pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul yang tidak boleh berhenti.

Bagi peminat beasiswa perguruan tinggi utama dunia, itu akan diperuntukkan bagi Warga Negera Indonesia (WNI) yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia dalam menempuh jenjang pendidikan magister dan doktoral.

Sedangkan beasiswa pendidik, merupakan beasiswa bagi jenjang magister yang diperuntukkan bagi guru tetap pada sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta beasiswa doktoral yang diperuntukkan bagi dosen tetap pada perguruan tinggi di bawah Kemendikbud dan Kementerian Agama (Kemenag).

Hal itu dilakukan, agar bisa mengembangkan dan meningkatkan kualitas guru dan dosen sesuai kebutuhan strategis Indonesia.

Bagi masyarakat yang berminat dan termasuk dalam kriteria yang di atas, persiapkan dirimu menjadi bagian dari SDM unggul untuk Indonesia lebih maju lagi.

Jangan sampai masyarakat kelewatan kesempatan beasiswa ini, agar bisa turut menjadi bagian dalam membangun negeri ini. Pantau terus perkembangan di website dan media sosial resmi milik LPDP.

Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso pernah mengatakan, pembukaan beasiswa LPDP kali ini untuk Pendidik dan Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia. Beasiswa hanya diperuntukkan bagi pendaftar yang telah mempunyai Letter of Acceptance (LoA).

"Mengingat pandemi, pembukaan kali ini hanya terbatas untuk calon yang sudah punya LoA untuk perkuliahan tahun depan," kata Dwi saat dihubungi Kompas.com.

Dia mengatakan, pendaftaran beasiswa LPDP dapat dilakukan secara online pada 6-20 Oktober 2020. Sementara itu, pihak LPDP tidak menentukan kuota penerima beasiswa. "Kami tidak menetapkan kuota.

Bagi yang memenuhi syarat, silakan mendaftar. Nanti ada proses seleksi," ujar Dwi.

Cara pendaftaran beasiswa LPDP

Terkait cara pendaftaran beasiswa LPDP, berdasarkan data tahun 2019 berikut cara pendaftarannya:

1. Pendaftaran beasiswa dilakukan melalui laman beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

2. Setelah itu, buat akun menggunakan e-mail dan password yang akan digunakan untuk login.

3. Akun berisi informasi terkait data diri seperti nama, nomor KTP, tempat dan tanggal lahir, foto terbaru, hingga nomor handphone.

4. Setelah itu, verifikasi akun dengan link yang dikirimkan melalui alamat e-mail.

5. Isi data diri dan data keluarga yang ada di akun dengan lengkap dan benar.

6. Setelah seluruh data terisi, pilih menu beasiswa kemudian klik daftar beasiswa dan ikuti petunjuk yang ada.

Cara pendaftaran dan syarat lengkap beasiswa LPDP 2020 secara resmi akan diumumkan besok, 6 Oktober 2020 melalui laman resmi beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.