Masyarakat Antusias Ikuti Sosialisasi Pembebasan Lahan Tol Rengat - Jambi



https://www.birulangit.id/

Birulangitid-Tahapan konsultasi publik yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, bersama instansi terkait dalam mensosialisasikan pembebasan lahan pembangunan jalan tol Rengat - Jambi, mendapat respon positif masyarakat.


Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Pembangunan Setdaprov Riau, Aryadi, saat dikonfirmasi perkembangan konsultasi publik untuk tol pembangunan tol sepanjang 198,130 kilometer itu. "Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias meresponnya," kata Aryadi, Jumat (9/10/20) di Kantor Gubernur Riau.

Aryadi mengungkapkan, konsultasi publik terkait sosialisasi pembebasan lahan tol itu, banyak dihadiri masyarakat. Khususnya, bagi masyarakat yang lahannya terimbas pembangunan.

"Sosialisasi itu, kita laksanakan di Kantor Desa dan ada juga di Kantor Lurah. Masyarakat memang ingin mengetahui lebih jauh soal proses pembebasan lahan itu," ulasnya.

Sejauh ini lanjut Aryadi, sudah semua desa yang akan terimbas pembangunan tol Rengat-Jambi itu diberikan sosialisasi di Kabupaten Indragiri Hilir."Terakhir kemarin, di Kecamatan Kemuning dan Keritang," tuturnya.

Untuk diketahui, rencana pembangunan Tol Jambi - Rengat - Pekanbaru sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi Riau 2018-2038 (Perda Nomor 10 Tahun 2020) dan Perda Provinsi Jambi Nomor 10 Tahun 2013 dalam RTRW Jambi 2013-2033. Untuk panjang ruas tol Rengat - Jambi yang akan dibangun sepanjang 198,130 kilometer, dan panjang jalan tol Rengat - Pekanbaru 206 kilometer. Namun untuk tahap awal, jalan tol Rengat - Jambi yang diprioritaskan.