Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, October 12, 2020

Studi Temukan Antibodi Pasien SARS-CoV Netralisir SARS-CoV-2

0 comments

https://www.birulangit.id/

Birulangitid-Pandemi Covid-19 menjadi salah satu tantangan perawatan kesehatan terbesar di dunia. Dengan jutaan orang terinfeksi, banyak orang kehilangan nyawa hingga membuat langkah pencegahan penyakit menjadi yang terpenting.


Sebagaimana dikutip dari republika.co.id Dengan sedikit informasi yang diketahui tentang virus corona tersebut, para peneliti dan profesional medis bekerja menemukan cara memerangi penyakit tersebut. Mereka juga mengandalkan data wabah SARS dan MERS dari 2003, yang keduanya disebabkan oleh jenis dekat virus corona baru.

Para peneliti mencoba menemukan banyak cara efektif melawan penyebaran virus corona baru. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, antibodi dalam sampel yang dikumpulkan dari pasien yang terinfeksi SARS-CoV (menyebabkan penyakit SARS) selama wabah pada 2003, telah secara efektif dan berhasil menetralkan infeksi SARS-CoV-2 dalam sel yang dibiakkan. Temuan itu bisa menjadi secercah harapan besar bagi pengobatan Covid-19.

Melansir Times Now News pada Ahad (11/10), studi tersebut dipublikasikan di jurnal Science Advances. Menurut laporan itu, penulis mengatakan bahwa tikus dan kelinci yang diimunisasi dengan domain pengikat reseptor (RBD) dari strain SARS-CoV yang menginfeksi musang sawit Himalaya menimbulkan respons antibodi yang lebih kuat terhadap SARS-CoV-2 (menyebabkan penyakit Covid-19) daripada hewan yang diimunisasi dengan RBD dari strain SARS-CoV manusia. Mereka menyebut temuan itu dapat membantu dalam pengembangan vaksin universal melawan virus corona yang muncul dan yang akan datang.

Peneliti Yuanmei Zhu dan koleganya menganalisis 20 sampel serum pemulihan dari pasien yang terinfeksi SARS-CoV, menentukan reaktivitas silang untuk antigen protein yang berasal dari empat wilayah protein lonjakan SARS-CoV-2, termasuk S ectodomain (S), subunit S1, RBD, dan subunit S2. Sementara semua sampel serum bereaksi kuat dengan protein S dan S2, mereka bereaksi lebih lemah dengan protein S1 dan RBD. Tes terpisah menggunakan uji infeksi satu siklus menentukan bahwa serum SARS-CoV yang sembuh secara efisien mencegah pseudovirus SARS-CoV dan SARS-CoV-2 (yang tidak dapat menghasilkan protein permukaan virus sendiri) dari menginfeksi sel, meskipun mereka menghambat SARS Aktivitas -CoV-2 kurang efisien.


Para peneliti memverifikasi temuannya pada hewan dan secara khusus menandai kemampuan RBD untuk memediasi reaktivitas silang pada tikus, karena RBD adalah protein lonjakan yang paling tidak terkonservasi di antara kedua virus. Mereka menemukan bahwa serum anti-RBD dari SARS-CoV bereaksi silang dengan baik dengan SARS-CoV-2, menunjukkan bahwa komponen antigen kunci secara genetik disimpan di situs RBD kedua virus.

Para peneliti mengandalkan pengobatan dan informasi lain yang tersedia dari wabah virus corona sebelumnya. Tetapi, mereka setuju bahwa penyebab Covid-19 itu mungkin yang terburuk sejauh ini.

No comments:

Post a Comment