Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Tuesday, December 29, 2020

Prof Wiku Ayo Lawan Covid-19 Mulai dari Diri Sendiri

0 comments
https://www.birulangit.id/

Birulangitid-Juru Bicara Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito tak hentinya mengingatkan masyarakat agar betul-betul disiplin melakukan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19.


Protokol kesehatan 3M ini telah sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan diyakini sebagai upaya preventif yang efektif untuk mencegah penularan virus, di samping vaksinasi.

Wiku menegaskan bahwa protokol kesehatan dapat dilakukan masyarakat dengan menerapkan 3M secara benar dan ketat, yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak hindari kerumunan.

"Mulailah dari diri sendiri dan sebarkan kepatuhan ini kepada orang-orang terdekat," kata Wiku, Senin (28/12/2020).

Kepada pemerintah daerah, Wiku juga meminta untuk memastikan implementasi treatment atau perawatan pasien Covid-19 sesuai dengan standar.

Apabila terdapat permasalahan, Wiku meminta pemerintah daerah dapat segera berkoordinasi dengan pusat agar cepat dicarikan jalan keluarnya.

"Langkah terbaik harus dilakukan untuk memastikan para pasien dapat segera sembuh dan semaksimal mungkin hindari jatuhnya korban jiwa," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa tingkat keterisian rumah sakit di berbagai daerah saat ini sudah mencapai 80 persen. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi pemerintah daerah dan masyarakat.

Menurut dia, langkah strategis untuk antisipasi perlu segera dilakukan agar korban jiwa akibat Covid-19 tidak bertambah.

Oleh karena itu, Wiku meminta pemerintah daerah segera berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 pusat dan Kementerian Kesehatan, khususnya apabila kapasitas atau tingkat keterisian rumah sakit terus meningkat. "Sehingga dapat segera diambil langkah-langkah strategis seperti pendirian rumah sakit darurat," tuturnya.

No comments:

Post a Comment