Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Friday, January 15, 2021

Kamu Mau Jadi Mahasiswa Universitas Riau Angkatan 2021, Simak dan Segera Lakukan Registrasi

0 comments

https://www.birulangit.id/

Birulangitid-Sudah memasuki tahun 2021, buat kamu yang punya impian untuk melanjutkan ke perguruan tinggi impian tentunya sangat menanti-nantikan detail informasi terkait penerimaan mahasiswa baru.

Baru-baru ini Melalui siaran pers Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah meluncurkan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2021 tentang mekanisme masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada 4 januari 2021 lalu. Untuk dapat masuk ke PTN, LTMPT membuka dua jalur penerimaan, yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Sebagaimana dikutip dari unri.ac.id Rektor Universitas Riau, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Riau (UNRI) Prof Dr M Nur Mustafa MPd, menyampaikan SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang di tetapkan oleh PTN.

“Untuk langkah pertama bagi peserta yang akan mendaftar, tahapannya diawali dengan melakukan registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id pada 4 Januari sampai 1 Februari 2021. Selanjutnya dilakukan penetapan peserta atau siswa yang eligible oleh sekolah pada 4 Januari sampai 8 Februari 2021. Sementara itu, sekolah dan siswa melakukan Pengisian Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 11 Januari sampai 8 Februari 2021. Langkah selanjutnya adalah melakukan Pendaftaran masuk jalur SNMPTN pada 15 -24 Februari 2021,” jelas M Nur, Senin (11/1/2021) kepada redaksi unrinews.

Lebih lanjut, Guru Besar Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini, menyampaikan jalur masuk ke Perguruan Tinggi khususnya UNRI terdapat tiga jalur penerimaan, yakni jalur SNMPTN, jalur UTBK-SBMPTN, dan Jalur Mandiri. “Kita menghimbau kepada sekolah maupun lulusan SMA sederajat yang akan melanjutkan pendidikan ke janjang Perguruan Tinggi agar cermat dalam mengikuti tata cara dan jadwal-jadwal penting penerimaan mahasiswa baru di UNRI, di antaranya jalur SNMPTN, jalur UTBK-SBMPTN, dan Jalur Mandiri.”

“Kepada berbagai pihak agar terus pantau informasi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur resmi penerimaan mahasiswa baru seperti pada yang ada pada website resmi UNRI www.unri.ac.id maupun media sosial official UNRI melalui Instagram @humasuniversitasriau. Terus ikuti perkembangan tata cara dan jadwal yang disampaikan melalui media-media resmi informasi penerimaan mahasiswa baru yang ditetapkan,” terang Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI ini mengingatkan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNRI, Azhar Kasymi SH, mengingatkan kepada pihak sekolah dan siswa untuk dapat mengikuti semua tahapan penerimaan mahasiswa baru ini melalui media resmi LTMPT untuk mendapatkan informasi yang benar dan jelas.

“bagi sekolah dan siswa yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi melalui jalur SNMPTN, hendaknya jeli dan aktif untuk membaca informasi dari media yang resmi. Hal ini sangat diperlukan agar mempermudah dalam melakukan pendaftaran nantinya,” urai Azhar.

No comments:

Post a Comment