Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Thursday, January 7, 2021

Lagi Booming Uang Rp 15 juta Rusak Dimakan Rayap

0 comments



Birulangitid-Viral di media sosial Tiktok yang memperlihatkan tumpukan uang senilai Rp 15 juta rusak akibat makan rayap. Uang itu disimpan lebih dari satu tahun di bawah kasur oleh sang pemilik.

Sebagaimana dukutip dari liputan6.com Terkuak jika pemilik uang itu adalah tante dari Citra Permatasari yang tinggal di Woimenda, Sulawesi Tenggara.

Citra mengaku uang itu disimpan di bawah kasur, karena lokasi rumah tantenya jauh dari bank. Sedianya, sang tante akan menggunakan uang itu untuk merenovasi rumah.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merespon kejadian ini. Sekretaris Lembaga LPS Muhamad Yusron, menilai jika kejadian itu menjadi pembelajaran yang sangat berarti dimana sebaiknya masyarakat menyimpan uang di bank.

"Apalagi uangnya cukup besar yakni Rp 15 juta, sebaiknya disimpan di bank, sayang sekali uang yang tadinya akan digunakan untuk merenovasi rumah, kini dimakan rayap dan tidak bernilai lagi," tutur Yusron, Kamis (7/1/2021).

Dia mengingatkan menabung uang di perbankan sangat aman, apalagi uangnya bisa diambil kapan saja. Tabungan tersebut juga dijamin LPS.

"Nabung di bank dijamin oleh kami LPS, dengan maksimal tabungan Rp 2 miliar. Jadi kalau banknya bangkrut atau ditutup, kami yang akan jamin, pastinya lebih aman," tegas Yusron.

Meski tempat tinggal jauh dari perbankan, Yusron berharap masyarakat tetap bisa menabung di bank. Karena, nabung di rumah sangat banyak risikonya.

"Bisa di makan rayap uangnya, seperti kejadian tante Citra di Sulawesi Tenggara. Bisa juga kebakaran atau dicuri, jadi sangat riskan menabung di rumah," tutur Yusron.

Saat ini, lanjut dia, jumlah bank yang ada di Indonesia ialah 110 bank umum dan 1.700 an Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Seluruh Bank yang beroperasi di wilayah Indonesia dijamin LPS sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Jadi masyarakat bisa pilih bank-bank itu untuk menabung uangnya. Lebih baik jauh, tapi aman, dibanding menabung di rumah yang banyak risikonya," pungkas dia.

Uang merupakan alat pembayaran yang sah di negeri ini maupun bagian di dunia lain. Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menyimpan uang miliknya tetap aman sebelum dipakai.

Mulai dari yang menyimpan di bank, celengan. Meskipun ada yang menaruh di tempat yang dianggap aman di area rumah, seperti bawah kasur.

Namun, viral di media sosial Tiktok yang memperlihatkan tumpukan uang senilai total Rp 15 juta rusak di makan rayap. Terkuak jika uang tersebut selama bertahun-tahun tersimpan di bawah kasur.

Akun Tiktok @cheetoss227, seperti dikutip Kamis (7/1/2021), menunjukkan uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu dalam satu wadah plastik kresek hitam, terlihat menjadi sobekan-sobekan kecil karena dimakan rayap.

Pemilik akun Tiktok bernama Citra Permatasari ini membagikan kisah miris yang dikatakan terjadi pada kerabatnya.

"Diambil pelajaran ya teman teman uang Rp 15 juta dimakan rayap, akibat disimpan di bawah kasur," mengutip cuitan dalam akun Tiktok tersebut.

Tampak beberapa orang terdiri dari pria dan perempuan terlihat terus memperhatikan kondisi uang tersebut. Bahkan, sang wanita tampak memegang pecahan uang yang rusak dan menunjukkan kesedihan.

Tertulis pula kata-kata, "Sedih ga tuh,". "Tak tersisa sedikitpun." Dan "Disimpan bertahun-tahun,".

No comments:

Post a Comment