Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Sunday, January 24, 2021

Penduduk Riau Didominasi Generasi Z dan Milenial, Kepala BPS: Ini Bagus Untuk Pertumbuhan Ekonomi Daerah

0 comments


https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat, bahwa penduduk di Riau saat ini didominasi oleh generasi Z dan Milenial. Hal ini berdasarkan hasil sensus penduduk yang dilakukan menjelang akhir 2020 lalu. 

Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Kepala BPS Provinsi Riau Misparuddin mengatakan, struktur penduduk dapat menjadi salah satu modal pembangunan ketika jumlah penduduk usia produktif usia 14-64 tahun sangat besar. 

“Hasil SP2020 mencatat mayoritas penduduk Provinsi Riau didominasi oleh Generasi Z dan Generasi Milenial,” ungkapnya, Sabtu, (23/1/2021). 

Mesparuddin menjelaskan, proporsi generasi Z, berdasarkan hasil sensus penduduk 2020 sebesar 30,79% atau sebanyak 1,94 juta jiwa dan Generasi milenial sebesar 27,24% atau 1,72 juta jiwa dari total populasi Provinsi Riau. 

Dia mengatakan, sebagian besar dari kedua generasi ini termasuk dalam usia produktif yang dapat menjadi peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. 

“Dari sisi demografi, seluruh Generasi X dan Generasi Milenial merupakan penduduk yang berada pada kelompok usia produktif pada tahun 2020. Sedangkan Generasi Z terdiri dari penduduk usia belum produktif dan produktif,” jelasnya. 

Diperkirakan, sekitar tujuh tahun kedepan, seluruh Generasi Z akan berada pada kelompok penduduk usia produktif. Hal ini merupakan peluang dan tantangan bagi Provinsi Riau, baik di masa sekarang maupun masa depan, karena generasi inilah yang berpotensi menjadi aktor dalam pembangunan yang akan menentukan masa depan Provinsi Riau.

No comments:

Post a Comment