Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Sunday, February 14, 2021

Begini Bentuk Lubang Semburan Gas Berlumpur di Ponpes Al Ihsan Pekanbaru

0 comments


https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Provinsi Riau sudah melakukan persiapan untuk menutup lubang semburan gas di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan Boarding School Riau Kampus 2 di Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (13/2/2021). 

Dikutip dari riauin.com Memasuki hari ke sepuluh ini, semburan gas sudah sangat jauh menurun, bahkan bisa dilihat dari jarak dekat. 

Pantauan di lokasi, tidak ada lagi lumpur yang disemburkan ke permukaan. Polisi tampak memasang garis polisi di sekitar lokasi semburan. 

Selain itu, sejumlah pipa besi dan alat berat berada di lokasi untuk melakukan proses penutupan lubang semburan.

Untuk melakukan penutupan lubang semburan, kami melakukan proses. Karena masih ada beberapa hal secara teknis harus disiapkan. Perkembangan semburan gas semakin menurun. Sudah bisa kita lihat dari jarak lima meter dan bisa dievaluasi setiap jamnya," kata Kepala Dinas ESDM Riau Indra Agus Lukman di lokasi semburan gas, Sabtu.

Menurut dia, peralatan untuk penutupan lubang semburan sudah berada di lokasi. Namun, masih ada beberapa bahan logistik yang belum sampai.

Jika semuanya sudah siap, kata Indra, akan dilaporkan dulu ke Kementerian ESDM untuk mendapatkan izin penutupan lubang semburan.

Sejauh ini, Indra mengaku belum ada izin dari Kementerian ESDM.

Tetapi, ia berharap dalam dua sampai tiga hari ke depan sudah biasa dilakukan penutupan.

"Kami harap secepatnya dapat ditutup. Tergantung dari evaluasi perkembangan semburan. Untuk saat ini memang sudah sangat jauh menurun, dan tidak ada lagi lumpur yang menyembur," ujar Indra.

Sementara itu, Indra mengimbau kepada masyarakat agar tidak datang ke lokasi untuk melihat secara dekat semburan gas.

Sebab, sejak munculnya fenomena alam ini, cukup banyak masyarakat yang penasaran datang ingin melihat.

Namun, warga yang datang ke lokasi diminta putar balik oleh petugas kepolisian, TNI, Tagana dan BPBD yang berjaga di pos berjarak sekitar seratus meter dari lokasi semburan.

Dari pos jaga ini lokasi semburan juga tak terlihat, karena terhambat bangunan pondok pesantren.

"Kami minta masyarakat tidak usah sampai ke lokasi. Cukup dilihat dari berita yang ditayangkan teman-teman media saja," ujar dia.



Sebagaimana diberitakan, gas menyembur ketika pengeboran sumur bor di kedalaman 119 meter di Ponpes Al Ihsan Boarding School Kampus 2 di Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (4/2/2021), sekitar pukul 14.00 WIB.

No comments:

Post a Comment