Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, March 8, 2021

Riau Kembali Dapat Bantuan Helikopter Untuk Penanganan Karhutla

0 comments


https://www.birulangit.id/

Birulangitid-Untuk membantu pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pekan ini akan mengirimkan helikopter untuk pemadaman dan pesawat untuk operasi hujan buatan.


Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur mengatakan, untuk membantu pencegahan dan penanganan Karhutla Riau saat ini baru ada satu helikopter yang merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Saat ini helikopter di Riau baru ada satu, yang merupakan bantuan dari KLHK. Insya Allah pekan ini BNPB akan mengirimkan helikopter lagi ke Riau," kata Jim, Senin (8/3/2021).

Selain helikopter, Provinsi Riau juga akan mendapatkan bantuan pesawat untuk melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk hujan buatan. TMC ini juga dijadwalkan akan dilakukan pekan ini.


"Pemerintah pusat saat ini juga sedang menyiapkan untuk melakukan TMC di Riau. Mudah-mudahan dalam pekan ini juga sudah bisa dilakukan TMC," katanya. Curah hujan yang terjadi hampir merata di Riau dua hari belakangan ini juga cukup berdampak pada Karhutla di Riau. Dimana, beberapa lokasi yang sebelumnya terjadi Karhutla sudah padam. Seperti di Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Indragiri Hilir.

No comments:

Post a Comment