Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Friday, April 30, 2021

Berhasil Taklukkan Pandemi, Singapura Jadi Negara Paling Aman COVID-19 di Dunia

0 comments


Berhasil Taklukkan Pandemi, Singapura Jadi Negara Paling Aman COVID-19 di Dunia

Birulangitid-Pandemi COVID-19 masih menjadi persoalan bagi seluruh negara di dunia. Seluruh negara terdampak terus berupaya menekan angka penyebaran COVID-19.

Dikutip dari kumparan Namun, di tengah ancaman virus corona yang belum padam, ada negara yang dinyatakan berhasil dalam menangani virus ini. Singapura dinobatkan menjadi negara yang paling aman dari serangan pandemi COVID-19 di dunia. Bahkan, Negeri Singa itu berhasil mengalahkan Selandia Baru, negara yang dinyatakan berhasil menekan penularan virus corona.

Dalam Peringkat Ketahanan COVID-19 versi Bloomberg, survei ini menghitung angka setiap bulan untuk mendapatkan gambaran tentang tempat terbaik dan terburuk di era pandemi virus corona. Singapura kini telah mendepak posisi Selandia Baru, yang sebelumnya duduk di peringkat pertama sebagai negara terbaik dalam menghadapi pandemi.

Selandia Baru yang sebelumnya duduk sebagai peringkat pertama negara terbaik dalam menghadapi pandemi, harus puas turun satu peringkat ke posisi kedua. Melengkapi 3 besar, ada Australia yang menduduki rangking ketiga daftar tersebut.

Index Ketahanan terhadap pandemi COVID-19 ini dibuat berdasarkan banyak komponen penilaian. Beberapa di antaranya adalah soal tingkat positif tes COVID-19, tingkat kefatalan, angka kematian, hingga data vaksinasi terhadap warga.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Singapura unggul dalam memberikan vaksinasi kepada seperlima populasi penduduknya. Dalam index tersebut, Singapura memperoleh nilai tertinggi dengan 79,9, dan disusul Selandia Baru yang duduk di posisi kedua hanya terpaut 0,1 angka saja, yaitu 79,6. Sedangkan Australia di posisi ketiga dengan skor 76,2.

"Singapura telah memberikan vaksin yang setara seperlima populasinya, sebuah aspek pengendalian pandemi yang membuat negara lain, seperti Selandia Baru, Australia dan Taiwan tertinggal," demikian menurut laporan Bloomberg.

Selain Singapura, Selandia Baru, dan Australia, posisi berikutnya diikuti dengan Israel yang memiliki skor 74,9 dan Taiwan dengan skor 74,7. Sayangnya, nama Indonesia tidak tercantum dalam 10 daftar negara teraman pandemi COVID-19 di dunia itu.

Indonesia hanya menduduki peringkat 34 negara paling tahan terhadap pandemi COVID-19, dari total 53 negara yang dirangking Bloomberg. Skor Indonesia hanya 51,1.

Berikut 10 Negara Terbaik di Dunia dalam Menghadapi Pandemi COVID-19 Versi Bloomberg:
Singapura (Skor: 79,7)
Selandia Baru (Skor: 79,6)
Australia (Skor: 76,2)
Israel (Skor: 74,9)
Taiwan (Skor: 74,7)
Korea Selatan (Skor: 72,7)
Jepang (Skor: 70,9)
Uni Emirat Arab (Skor: 69,7)
Finlandia (Skor: 68,9)
Hong Kong (Skor: 68,2)

No comments:

Post a Comment