Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, April 5, 2021

Kemenkes Pastikan Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadhan Tetap Digelar

0 comments


Kemenkes Pastikan Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadhan Tetap Digelar

Birulangitid-Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi memastikan vaksinasi Covid-19 pada bulan Ramadhan tetap digelar dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang menjalankan puasa.


Dikutip dari Kompas.com Nadia mengatakan, fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 menyebutkan vaksinasi tidak membatalkan puasa dan diperbolehkan bagi umat Islam yang berpuasa.

"Fatwa tersebut direkomendasikan MUI agar pemerintah dapat melakukan vaksinasi di bulan Ramadhan demi mencegah penularan Covid-19," kata Nadia dalam laman resmi Kemenkes, Senin (5/4/2021).

Nadia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bisa dilakukan siang hari baik untuk kalangan muslim yang berpuasa maupun non-muslim.

Ia menjelaskan puasa memberikan manfaat untuk kesehatan atau detoksifikasi.

"Saya yakin walaupun dalam kondisi berpuasa, kondisi tubuh kita tidak berpengaruh terhadap pemberian vaksinasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan, tidak ada persiapan khusus dari pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi di bulan Ramadhan.

Namun, Nadia meningkatkan, hal yang harus diperhatikan sebelum vaksinasi di bulan Ramadhan adalah istirahat cukup dan sahur dengan makan makanan bergizi seimbang.

“Untuk vaksinasinya sendiri kita tetap lakukan di pagi hari sampai sore, mungkin dapat juga dilakukan malam hari atau bisa juga dilakukan di masjid pada malam hari, asal tidak mengganggu ibadah di bulan Ramadan,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment