Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, June 14, 2021

Hasil Pemeriksaan Litbangkes Belum Temukan Mutasi Virus B117 di Riau

0 comments


Hasil Pemeriksaan Litbangkes Belum Temukan Mutasi Virus B117 di Riau

Birulangitid-Mutasi virus corona B117 hingga saat ini belum ditemukan di Riau. Sebelumnya virus ini sempat ditemukan pada kapten kapal asal India yang sempat berlabuh di Dumai.

Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Sejumlah petugas di pelabuhan dan dokter yang menangani pasien ini pun belakangan juga dinyatakan positif Covid-19.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan di Whole Genome Sequencing (WGS) Litbangkes Jakarta para petugas dan dokter yang kontak erat dengan kapten kapal asal India tersebut negatif virus B117. Meskipun mereka dinyatakan positif Covid-19.

"Semua yang berkontak erat dengan kapten kapal ini sudah ditracing, bukan cuma dokter, tapi petugas KKP juga ditracing, karena kontak dengan kapten kapal, ada dua orang yang positif, tapi hasil whole Genome sequansingnya alhamdulillah virus Covid yang terdapat di petugas KKP dan dokter yang menangani kapten kapal ini bukan virus mutasi yang B117 itu," kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Minggu (13/6/2021).

Yovi mengungkapkan, ada banyak sampel yang dikirim ke Litbangkes Kemenkes di Jakarta. Namun belum seluruhnya keluar hasilnya.

Sehingga sejauh ini mutasi virus B117 di Riau baru ditemukan di kapten kapal asal India tersebut saja. Saat ini kapten kapal tersebut sudah sembuh dan sudah kembali ke negara asalnya. "Ada banyak sampel orang asing yang kita kirim ke Litbangkes, kemudian hasil PCR yang CT nya rendah sekali itu juga kita kirim, tapi sejauh ini hasil yang sudah keluar ada puluhan, itu hasilnya baru satu yang terdapat mutasi B117, yang kapten kapal itu saja," ujarnya.

No comments:

Post a Comment