Alhamdulillah, Tol Pekanbaru-Bangkinang Diresmikan Presiden Jokowi

Alhamdulillah, Tol Pekanbaru-Bangkinang Diresmikan Presiden Jokowi



Birulangitid-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas jalan Tol Pekanbaru- Bangkinang, Rabu (4/1/2023).

Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Turut mendampingi Presiden Jokowi, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir.

Peresmian Jalan Tol yang akan menjadi jalur alternatif Provinsi Riau dengan Provinsi Sumatra Barat itu dilaksanakan di depan Gerbang Tol Bangkinang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Presiden Jokowi mengatakan, ruas jalan Tol Kota Pekanbaru menuju Kota Dumai sebelumnya juga telah diresmikan. Saat ini traffic lalu lintas kendaraan sangat bagus. Oleh karena itu perlu segera diresmikan ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Presiden mengungkapkan, bahwa untuk ruas jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ini telah menghabiskan anggaran sebesar Rp4,8 Triliun.

“Jalan dari Pekanbaru sampai Dumai tolnya sudah selesai dan kita melihat traffic-nya juga sudah sangat bagus sudah di atas 8.000 [kendaraan]. Kemudian, sekarang dari Pekanbaru ke Bangkinang sepanjang 30,9 km yang menghabiskan anggaran 4,8 triliun, hari ini juga segera akan kita resmikan,” katanya.

Diungkapkan Presiden Jokowi, ruas jalan tol ini nantinya akan disambungkan melingkar. Sehingga Dumai- Pekanbaru- Bangkinang akan menyambung terus ke arah Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

“Selesainya Kapan? saya tidak bisa bicara karena memang masih panjang,” ujarnya.

Dikatakan Kepala Negara, adanya jalan tol tersebut percepatan pertumbuhan barang dan jasa menjadi semakin membaik. Maka dari pada itu, diharapkan juga ini dapat menumbukan daya saing di Provinsi Riau.

“Kita harapkan dengan jalan tol yang ada ini kecepatan mobilitas orang barang dan jasa semakin baik. Sehingga menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di provinsi Riau,” harapnya

“Dan kita harapkan juga bisa menumbuhkan sentral baru dan pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja, dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Danrem 031/Wirabima Brigjen Parlindungan Hutagalung, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, unsur Forkopimda, serta para jajaran Kepala OPD Pemerintah Provinsi Riau beserta Pemerintah Kabupaten Kampar.