Hadiri Expos Penelitian Dosen Universitas Pasir Pangaraian, Wagubri: Penelitian Harus Bermanfaat



Hadiri Expos Penelitian Dosen Universitas Pasir Pangaraian, Wagubri: Penelitian Harus Bermanfaat

Birulangitid-Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution menghadiri expos hasil penelitian dosen Universitas Pasir Pengaraian yang dilakukan sebagai upaya menyumbangkan pemikiran untuk peningkatan pembangunan daerah.

Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Selain pelaksanaan expos hasil penelitian dosen, pada kesempatan tersebut sekaligus dilakukan penandatanganan kerja sama Universitas Pasir Pengaraian dengan beberapa perusahaan, berlangsung di Universitas Pasir Pengaraian, Selasa (10/1/23).

Wagubri menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan menghadiri kegiatan tersebut. Ia mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Riau menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah menata acara ini dengan baik.

"Hasil penelitian tadi menarik, hanya memang mungkin perlu lebih banyak pendalaman-pendalaman. Hasil penelitian harus bermanfaat," sebutnya.

Edy Natar Nasution melanjutkan, hendaknya hasil dari penelitian tersebut dapat diaplikasikan. Sehingga perlu adanya kolaborasi antara akademisi dan pemerintahan, dengan begitu akan ada output dari penelitian tersebut.

Ia menerangkan, hasil penelitian ini perlu diintegrasikan dan dikolaborasikan, jadi akan ada satu bentuk yang selama ini mungkin tidak dilakukan menjadi bernilai.

"Karena kalau tidak itu, (penelitian) hanya akan tinggal hilang begitu saja, jadi hasil penelitiannya ada tetapi tidak dieksekusi nya," ucapnya.

Wagubri meminta, ekspos hasil penelitian ini bukan hanya sekedar habis setelah mendengarkan ekspos dari para dosen Universitas Pasir Pengaraian, akan tetapi ia menginginkan ada eksekusi, dan ada nilainya.

"Justru dia menjadi sangat bernilai ketika setelah ini ada kerjasama yang menjadi harapan yang lebih banyak kalau kita mau melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti tadi (penelitian)," ucapnya.

Edy Nasution berharap, penelitian yang membangun untuk daerah bisa lebih diperbanyak, sehingga kerja sama itu semakin dirasakan. Karena terangnya, kalau tidak dibangun kerja sama maka efektivitas penelitian itu tidak dapat dirasakan.

"Mungkin warna juga bagi kita ke depan bagaimana penelitian ini bisa lebih diperdalam lagi, walaupun tadi seperti tadi itu banyak yang bisa dilakukan, mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini ada manfaatnya," tutupnya.