Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Friday, February 24, 2023

UNRI Wisuda Perdana Untuk Program Profesi Insinyur

0 comments


UNRI Wisuda Perdana Untuk Program Profesi Insinyur

Birulangitid-Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Sri Indarti mengajak siapapun melanjutkan kuliah ke jenjang profesi di Universitas Riau.

Sri menjelaskan, Pendidikan Profesi merupakan pendidikan yang ditempuh setelah menyelesaikan program akademik sarjana untuk menyiapkan peserta didik dengan kemampuan untuk profesi khusus sesuai dengan bidang akademik terkait. Hal ini disampaikan Rektor, usai memimpin Wisuda Periode Februari 2023.

Sebabai informasi, wisuda periode Februari ini merupakan momentum Wisuda Perdana Bagi Program Profesi Insinyur Unri yang dilaksanakan tanggal 21-22 Februari di Gedung PKM Universitas Riau, Kampus Gobah Pekanbaru.

"Ini merupakan momen istimewa bagi Universitas Riau, karena pada momentum itu, kita melaksanakan wisuda perdana untuk Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Unri," terang Rektor.

Dijelaskannya, Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Unri ini telah terakreditasi “BAIK” dan telah beroperasi sejak semester genap Tahun Akademik 2020/2021 lalu. Hasilnya, tahun ini, sudah ada sebanyak 13 wisudawan yang kita kukuhkan pada wisuda ini.

"10 berasal dari Dosen Teknik, dan 3 berasal dari kalangan swasta yang saat ini bekerja di BOB PT BSP-Pertamina Hulu dan Kementerian PUPR," ungkap Rektor.

Sri menjabarkan, dari total 13 wisudawan Program Profesi Insinyur tersebut. Sebanyak 10 orang diantaranya merupakan unsur dosen dari Fakultas Teknik Universitas Riau.

Lebih jauh dijelaskan Rektor, Program Profesi Insinyur adalah program pendidikan lanjutan yang ditujukan bagi lulusan teknik yang ingin meningkatkan kompetensi dan kemampuan profesional mereka.

Selain itu, Program ini juga dirancang untuk memenuhi persyaratan sertifikasi sebagai insinyur yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

"Tentunya Program Profesi ini, menambah fungsi dari Unri dalam menciptakan SDM yang memiliki standar dan baku mutu keinsinyuran yang dapat diterapkan untuk memberikan manfaat dalam skala dalam negeri maupun internasional, karena dosen pengampunya, adalah merupakan ahli di bidang Bidang Keteknikan dan Pertanian," kata Sri.

Guru Besar Bidang Manajemen SDM ini menyampaikan, bahwa pendidikan jenjang profesi Fakultas Teknik Unri ini sejalan dengan kebutuhan Indonesia akan banyak insinyur yang berkualitas menghadapi tantangan dalam membangun infrastruktur dan memajukan teknologi di masa depan.

"Gelar insinyur yang dihasilkan dari Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Riau diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan jumlah insinyur di Indonesia," kata Sri.

Apalagi, terang Sri, dalam konteks industri 4.0 dan revolusi digital, insinyur-insinyur yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas dalam teknologi dan inovasi akan menjadi sangat penting.

"Melalui Fakultas Teknik, tentunya Unri berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan relevansi program pendidikan insinyur untuk mendukung pembangunan dan kemajuan Indonesia di masa depan," kata Sri.

No comments:

Post a Comment