Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, March 4, 2024

Beasiswa Unggulan 2024 Segera Dibuka April Mendatang, Yuk intip-intip Syaratnya Yuk!

0 comments
Beasiswa Unggulan 2024 Segera Dibuka April Mendatang, Yuk intip-intip Syaratnya Yuk!
Beasiswa Unggulan 2024 Segera Dibuka April Mendatang, Yuk intip-intip Syaratnya Yuk!


Birulangitid-Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2024 segera dibuka pada April-Mei mendatang. Pendaftaran beasiswa pendidikan dari Pemerintah Indonesia jenjang S1, S2, dan S3 ini dilakukan secara daring melalui laman beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Ketua Tim Kerja Beasiswa Pendidikan Tinggi, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek, Septian Prima Diassari menjelaskan, tahun ini Puslapdik menyediakan kuota penerima Beasiswa Unggulan sebanyak 1.000-2.000 mahasiswa di jenjang S1-S3. Peserta harus melalui dua tahap seleksi yakni seleksi administrasi dan wawancara.


Sebelumnya, peserta harus memenuhi syarat khusus untuk mengikuti seleksi. Salah satunya adalah penyertaan sertifikat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) untuk membuktikan kemampuan bahasa Indonesia yang baik.

Apa saja jenis Beasiswa Unggulan serta syarat lainnya? Berikut informasinya dikutip dari Panduan Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2023, Kamis (29/2/2024).
Jenis Beasiswa Unggulan

Ada tiga jenis beasiswa yang disertakan dalam Beasiswa Unggulan, yaitu:

  • Beasiswa Masyarakat Berprestasi: Beasiswa Unggulan yang diberikan bagi masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, spiritual untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3.
  • Beasiswa Pegawai Kementerian: Beasiswa yang diberikan bagi pegawai Kemendikbudristek untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3.
  • Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas: Beasiswa khusus penyandang disabilitas untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3.

Syarat Beasiswa Unggulan

Syarat Umum

  • Diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik/nonakademik tingkat internasional danatau nasional.
  • Mendapat rekomendasi dari institusi terkait.
  • Tidak sedang menerima beasiswa yang sejenis dari sumber lain.
  • Belum pernah menempuh pendidikan pada jenjang yang sama.
  • Diterima di perguruan tinggi dalam negeri yang telah terakreditasi paling rendah B dan pada program studi terakreditasi paling rendah B atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui Kemendikbudristek.
  • Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler.
  • Berkomitmen untuk mempertahankan IPK minimal 3,00 pada program S1, 3,25 pada program S2 dan S3.

Syarat Khusus

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Sertifikat UKBI menjadi salah satu persyaratan bagi pendaftar Beasiswa Unggulan. Hal ini telah diterapkan Puslapdik bersama Badan Bahasa sejak 2022.

Sertifikat UKBI diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek. Syarat sertifikat UKBI berlaku bagi pendaftar tujuan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Sedangkan untuk persyaratan khusus lainnya dapat dilihat di sini.
Tujuan UKBI dalam Seleksi Beasiswa Unggulan

Sejumlah tujuan UKBI dalam seleksi Beasiswa Unggulan yaitu:

  • Mendukung penerima Beasiswa Unggulan dalam menyelesaikan tugas akhir seperti skripsi, tesis, dan disertasi sehingga bahasa laporan penelitian tepat dan benar.
  • Mendukung penerima Beasiswa Unggulan untuk menulis karya ilmiah/artikel dalam jurnal nasional dalam bahasa Indonesia dengan tepat dan benar.
  • Meningkatkan nasionalisme melestarikan bahasa, menumbuhkan cinta tanah air, menguatkan NKRI dan kepatuhan terhadap undang-undang/peraturan pemerintah, serta memupuk sikap positif dan rasa bangga Indonesia terhadap bahasanya.

Nah itulah informasi terbaru terkait Beasiswa Unggulan 2024. Yuk segera persiapkan diri.




No comments:

Post a Comment