Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Saturday, June 1, 2024

Mengenal Beasiswa LPDP, Jenis, Syarat dan Cara Daftarnya

0 comments
Mengenal Beasiswa LPDP, Jenis, Syarat dan Cara Daftarnya


Birulangitid-Beasiswa LPDP merupakan salah satu beasiswa prestisius yang diincar oleh ribuan mahasiswa Indonesia. Pasalnya, beasiswa LPDP memberikan kesempatan emas untuk menempuh studi di kampus bergengsi di dalam atau luar negeri.

Sebagaimana dikutip dari detik edu Selain menawarkan biaya pendidikan, beasiswa ini juga mencakup biaya hidup, makanan, transportasi, dan masih banyak lagi. Yuk, pahami selengkapnya seputar beasiswa LPDP di bawah ini.

Apa itu Beasiswa LPDP?

Mengutip dari buku Meretas Batas Impian Dengan Beasiswa karya Dr. Abdul Kahar, M.Pd, beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP merupakan beasiswa yang diselenggarakan secara resmi oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Program beasiswa LPDP diadakan untuk membantu calon mahasiswa Indonesia menempuh pendidikan di jenjang sarjana (S1), magister (S2), ataupun doktoral (S3).

Melalui beasiswa LPDP, mahasiswa berkesempatan untuk berkuliah di perguruan tinggi dalam atau luar negeri yang telah bermitra dengan LPDP. Komponen beasiswa LPDP sendiri diantaranya mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, makan, transportasi, dan asuransi.
 
Jenis Beasiswa LPDP

Hampir sama seperti tahun-tahun sebelumnya, beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan menawarkan 4 program utama yakni beasiswa targeted, beasiswa umum, beasiswa afirmasi, dan beasiswa kolaborasi. Dilansir dari laman resmi LPDP, keempat program beasiswa ini terbagi lagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut:


1. Beasiswa Kolaborasi

Beasiswa Kolaborasi - Kemendikbudristek adalah program beasiswa ini diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mendorong semangat belajar kalangan pelajar, pendidik, dan budayawan melalui berbagai program kolaborasi.
 
2. Beasiswa Umum
 
Beasiswa Reguler

Beasiswa Reguler merupakan program beasiswa di jenjang magister dan dokter yang ditujukan untuk WNI melalui mekanisme dan prosedur yang telah ditentukan LPDP.
 
Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD)

PTUD merupakan program beasiswa yang memberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan di jenjang magister dan doktor bagi WNI yang mempunyai Letter of Admission/Acceptance (LoA) dari Perguruan Tinggi Utama Dunia.
 
Beasiswa Parsial

Beasiswa parsial merupakan program beasiswa jenjang magister dan doktor bagi WNI dengan skema pendanaan yang dibagi bersama antara pihak LPDP dan mahasiswa penerima beasiswa.
 
3. Beasiswa Afirmasi
 
Beasiswa Daerah Afirmasi

Program Beasiswa Daerah Afirmasi merupakan beasiswa jenjang magister dan doktor yang ditujukan bagi masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi.

Beasiswa Prasejahtera

Program Beasiswa Prasejahtera ditujukan untuk membantu kalangan masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin untuk dapat melanjutkan pendidikan di jenjang magister.

Beasiswa Penyandang Disabilitas

Program beasiswa ini diperuntukkan bagi masyarakat penyandang disabilitas fisik, intelektual, mental, sensorik, serta disabilitas ganda atau multi.

Beasiswa Putra-Putri Papua

Program beasiswa ini ditujukan bagi putra-putri dari daerah Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Barat Daya, dan Provinsi Papua Pegunungan untuk menempuh pendidikan di jenjang magister dan doktor.

4. Beasiswa Targeted (Targeted scholarship)
 
Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI

Sesuai namanya, program beasiswa ini ditujukan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota kepolisian (POLRI).

Beasiswa Kewirausahaan

Beasiswa kewirausahaan merupakan program beasiswa untuk jenjang magister luar negeri bagi WNI yang tertarik mempelajari bidang kewirausahaan.

Beasiswa Kader Ulama

Beasiswa kader ulama atau Beasiswa Pendidikan Indonesia Kader Ulama Masjid Istiqlal merupakan program beasiswa jenjang magister yang ditujukan bagi calon ulama. Program ini dikelola oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) dan bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Beasiswa Dokter Spesialis dan Dokter Subspesialis

Program Beasiswa Dokter Spesialis dan Dokter Subspesialis diselenggarakan oleh LPDP dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menunjang ketersediaan sumber daya tenaga dokter spesialis dan subspesialis di Indonesia.

Beasiswa Doktor Talenta Riset dan Inovasi Nasional

Beasiswa Doktor Talenta Riset dan Inovasi Nasional merupakan program beasiswa jenjang doktor hasil kolaborasi antara LPDP dan BRIN yang ditujukan bagi WNI yang terampil dalam riset nasional di bidang keanekaragaman hayati, nuklir, penerbangan, antariksa, dan maritim.

Beasiswa Prioritas LPDP - NTU Program MBA

Program beasiswa ini ditujukan bagi WNI yang bekerja di sektor publik untuk melanjutkan pendidikan pada program MBA di Nanyang Technological University (NTU) Singapura.

Beasiswa Prioritas LPDP-NTU Program Doktor

Program beasiswa ini menawarkan kesempatan bagi WNI untuk menempuh pendidikan pada program doktor yang diadakan oleh Nanyang Technological University (NTU) Singapura.

Beasiswa Prioritas LPDP-Campus France Program Master

Program beasiswa ini memberikan kesempatan bagi WNI untuk berkuliah pada jenjang magister di program studi dan universitas yang terlampir.

Beasiswa Prioritas LPDP-UC Davis

Program Beasiswa Prioritas LPDP-UC Davis ditujukan bagi WNI untuk melanjutkan pendidikan pada program doktor yang diselenggarakan oleh University of California Davis, Amerika.

Beasiswa LPDP-UNSW Program Doktor

Program beasiswa ini memberikan kesempatan bagi WNI untuk menempuh pendidikan pada program doktor di University of South Wales (UNSW) Australia.

Beasiswa Prioritas Dikristek-LPDP-OKP Program Master

Program Beasiswa Prioritas Dikristek-LPDP-OKP Program Master menawarkan kesempatan bagi WNI untuk melanjutkan pendidikan pada program studi dan universitas sebagaimana yang terlampir.

Beasiswa Prioritas LPDP-NUS Program Master Bidang Kewirausahaan

Program beasiswa ini diperuntukkan bagi WNI untuk menempuh pendidikan jenjang magister di National University of Singapore, program studi Master Science in Venture Creation bidang kewirausahaan (single degree).

Beasiswa Fellowship Dokter Spesialis

Program Beasiswa Fellowship Dokter Spesialis menyasar WNI yang bekerja sebagai dokter spesialis dan memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) serta Surat Ijin Praktik (SIP) sebagai dokter spesialis.

Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU

Program beasiswa ini merupakan beasiswa jenjang magister hasil kerja sama antara LPDP, Kementerian Koordinator dan Bidang Kemaritiman, Northeastern University (NEU) dan Zheijiang Huayou Cobalt Co. Ltd.

Beasiswa Kerja Sama Metalurgi CSU

Program beasiswa ini menawarkan kesempatan untuk menempuh pendidikan di Bidang Metalurgi dan Sains Material di Central South University (CSU), Republik Rakyat Tiongkok.

Beasiswa Kerja Sama Korea University of Science & Technology (UST)

Program beasiswa ini ditujukan untuk jenjang magister dan doktor di sektor digital, energi terbarukan (renewable energy), ekonomi biru, dan bioteknologi.

Syarat Umum Beasiswa LPDP

Berikut sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar beasiswa LPDP yang dirangkum dari laman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Sudah menyelesaikan studi progrma sarjana (S1)/diploma empat (D4) untuk beasiswa magister atau Sarjana(S1)/Diploma empat (D4) langsung doktor.
  3. Memiliki dokumen LoA unconditional dari Perguruan tinggi negeri tujuan dan memenuhi semua kriteria sebagai pendaftar program beasiswa doktor (S3) bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor.
  4. Tidak sedang mendaftar atau mendapatkan beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi awardee beasiswa LPDP.
  5. Memilih perguruan tinggi tujuan dan program studi sesuai ketetapan dari LPDP.
  6. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan bahasa sesuai ketentuan yang telah disepakati pada tiap program beasiswa.
  7. Menyetujui surat pernyataan yang tertera pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP.
  8. Menuliskan profil diri serta riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan pada aplikasi pendaftaran.
  9. Menuliskan komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
  10. Mempunyai sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL) sesuai persyaratan tiap program beasiswa.

Syarat Khusus Beasiswa LPDP

Mengutip dari laman Indonesia.go.id, berikut adalah beberapa persyaratan khusus beasiswa LPDP yang perlu diperhatikan:

1. Memenuhi Syarat Batas Usia Pendaftar

Ketentuan batas usia pendaftar per 31 Desember pada tahun pendaftaran adalah sebagai berikut:

Maksimal berusia 35 tahun untuk pendaftar jenjang pendidikan magister.
Maksimal berusia 40 tahun untuk pendaftar jenjang pendidikan doktor.

2. Mengunggah Berkas Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Berikut adalah ketentuan dokumen IPK untuk mendaftar beasiswa LPDP:

Pendaftar jenjang magister wajib mempunyai IPK pada jenjang pendidikan sebelumnya minimal 3,00 pada skala 4,00.
Pendaftar jenjang doktor wajib mempunyai IPK pada jenjang pendidikan sebelumnya minimal 3,25 pada skala 4,00.
Teruntuk pendaftar jenjang doktor dari program magister tanpa IPK wajib melampirkan surat keterangan yang diterbitkan perguruan tinggi asal.

3. Mengunggah Berkas Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris


Dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris diterbitkan paling lambat 2 tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh IELTS, ITS, atau PTE Academic dengan ketentuan di bawah ini:

  • Pendaftar program studi magister dalam negeri memiliki skor minimal bahasa inggris TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, IELTS 6,0 atau PTE Academic 50.
  • Pendaftar program pendidikan magister luar negri memiliki skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 80, IELTS 6,5 dan PTE Academic 58.
  • Pendaftar program pendidikan doktor dalam negeri mempunyai skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 530, TOEFL iBT 70, IELTS 6,0 dan PTE Academic 50.
  • Pendaftar program pendidikan doktor luar negeri mempunyai skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 94, IELTS 7,0 dan PTE Academic 65.
  • Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus diterbitkan dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.

4. Melampirkan Surat Rekomendasi dari Akademisi atau Tokoh Masyarakat

Dokumen surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi dapat dilampirkan melalui form online atau unggah.

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP

Setelah memenuhi persyaratan umum dan khusus di atas, berikut panduan untuk melakukan registrasi beasiswa LPDP:

  1. Daftar secara online melalui situs https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Melengkapi dan mengunggah seluruh persyaratan berkas pada aplikasi pendaftaran.
  3. Submit atau kumpulkan aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.
  4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung yang diunggah seperti surat rekomendasi, surat keterangan atau sejenisnya masih berlaku dan diterbitkan sesuai ketentuan dari LPDP.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, jenis serta syarat umum dan khusus dalam mendaftar beasiswa LPDP.



No comments:

Post a Comment