Wednesday, June 20, 2012

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia



Berkembang pesatnya pengguna teknologi digital sebagai media komunikasi dan media pemenuh kebutuhan informasi melambangkan kemajuan suatu bangsa. Kondisi ini tentunya menjadi peluang yang sangat luar biasa bila bisa memanfaatkan peluang berkembang pesatnya pengguna teknologi digital tersebut untuk berkreasi dan terus melahirkan karya-karya yang membanggakan bagi nusa dan bangsa serta menjadikan Indonesia sebagai Pusat Teknologi.



Pemanfaatan teknologi digital untuk Indonesia merupakan salah satu kontribusi terbesar bagi para blogger nusantara guna menunjukan rasa nasionalisme yang saat ini sudah mulai pudar di negeri yang kita cintai ini, kontribusi besar ini sudha mulai dibangun dan terus dikembangkan oleh teman-teman di komunitas Ngawur (Komunitas Ngeblog Jawa Timur),dengan di buktikan banyaknya konflik horizontal yang terus membuat bangsa ini lemah secara perlahan-lahan. teknologi digital memberikan banyak kesempatan bagi kita para blogger berekspresi sesuai dengan kebidangan yang kita tekuni baik itu pendidikan, seni, sains, IT dan bidang sosial politik kemasyarakatan.

Peluang pemanfaatan teknologi digital untuk Indonesia dapat kita wujudkan dengan memanfaatkan media digital sesuai dengan kebidangan kita masing-masing seperti sebagai berikut:

Pendidikan

Pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan mutu pendidikan indonesia dapat dilakukan bagi setiap blogger yang peduli didunia pendidikan dengan memanfaatkan media digital sebagai sarana pembelajaran yang sangat menarik. Banyak ilmu-ilmu yang diajarkan disekolah yang tidak dapat dengan mudah diserap dan dipahami oleh para siswa salah satunya seperti ilmu sains, untuk memudahkan pelajaran sains tentunya memerlukan media yang dapat difungsikan untuk melakukan pengajaran dengan fisualisasi yang lebih mudah dipahami, itu semua dapat dilakukan dengan menggunakan media digital sebagai solusinya.

Melihat kondisi diatas untuk pengembangan pendidikan tentunya menjadi peluang tersendiri bagi para blogger untuk memberikan sumbangsihnya dalam mencerdaskan bangsa dengan memberikan bantuan penyiapan bahan pengajaran dengan menggunakan media digital, karena ane sangat yakin para blogger adalah orang-orang yang memiliki kreatifitas diatas rata-rata.

Sosial Masyarakat

Teknologi digital juga memiliki peranan yang besar untuk keidupan sosial masyarakat. Sibuknya kehidupan keseharian untuk memenuhi kebutuhan pribadi telah membuat kita semua kehilangan rasa kebersamaan karena terputusnya tali silaturrahmi. Agar dapat kembali merajut tali silaturrahmi tentunya dengan malakukan komunikasi secara intens, komunikasi secara langsung yang di nilai sangat sulit untuk dilakukan karena kesibukan keseharian sepertinya dapat ditutupi dengan menggunakan media digital sebagai sarana komunikasi dan berbagai. Media digital yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi diantaranya adalah dengan menggunakan Facebook ataupun jejaring sosial yang lainya, sehingga meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. Sehingga pemanfaatan digital dapat digunakan untuk meningkatkan rasa silaturrahmi dan menajdikan Indonesia yang lebih kuat jiwa nasionalismenya.

Ekonomi

Peran teknologi digital juga sangat vital dalam meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat, dengan menggunakan media digital, mampu memberikan energi posistif untuk menjadikan Indonesia bisa terlepas dari jerat permasalahan ekonomi. Pemantauan perkembangan ekonomi dengan menggunakan media digital jauh lebih efektif dan lebih valid datanya, aksesnya juga jauh lebih cepat.

Budaya

Teknologi digital sangat berpengaruh besar dalam mempertahankan nilai-nilai budaya nasional yang kian hari kian tersisih kan oleh budaya asing karena pemanfaatan media digital yang salah. Perkembangan budaya asing sangat pesat dan tidak dapat terfilter oleh media digital sehingga sangat mempengaruhi tingkah laku dan pola hidup para generasi muda, nah yang dapat melakukan penyaringan budaya asing tentunya adalah teman-teman yang aktif berselayar dengan menggunakan media digital, sehingga perkembangan budaya asing yang dapat merusak moral dapat dibatasi aksesnya dan diganti dengan mengenalkan budaya nasional yang sangat beraneka ragam, untuk meningkatkan rasa nasionalisme.

Hiburan

Secara umum hiburan hari ini yang tersedia malalui teknologi digital sangat sedikit sekali yang memiliki nilai-nilai edukasi yang positif bagi perkembngan generasi muda, oleh karena itu perlu sebuah gerakan nasional dengan menggunakan media digital untuk mendesak penyedian hiburan dengan media digital yang memiliki nilai-nilai edukasi tentunya itu semua dapat dilakukan melalui komunitas-komunitas pengguna media digital untuk mengkampanyekanya.

Demikian contoh kecil yang bisa kita coba lakukan untuk memajukan bangsa yang kita cintai ini dengan menggunakan media digital. Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia yang coba disosialisasikan oleh komunitas ngawur melalui ngawur writing contest untuk para blogger nusantara merupakan salah satu kontribusi untuk menjadikan Indonesia sebagai Pusat Teknologi secara bertahap dan yakin kelak Indonesia akan menajdi lebih baik dengan semakin meningkatnya pengguna teknologi digital untuk melakukan hal-hal yang positif.

Terakhir maju terus buat teman-teman Blogger Nusantara, terkhusus buat teman-teman di Komunitas Ngawur. Ada sebuah kutipan yang ane pernah dapetin dari Komunita Ngawur yaitu selalu mendorong dan mendukung para blogger untuk mengembangkan kreatifitasnya disegala bidang, salah satunya dengan media blog dan memanfaatkan teknologi yang ada disekitar kita. Semakin menggeliatnya komunitas yang bergerak dengan menggunakan teknologi digital maka untuk menjadikan Indonesia sebagai Pusat Teknologi juga akan semakin cepat.

3 comments:

  1. Salam, kami ingin mengajukan penawaran kerjasama berupa blog content tentang teknologi- tanpa biaya. Silahkan hubungi email kami untuk informasi lebih lanjut. Terimakasih. Kami tunggu kabarnya.

    ReplyDelete
  2. ok ditunggu informasinya... sepertinya menarik

    ReplyDelete