Tuesday, July 17, 2012

Enjoy Life VII (Aku dan LDK 15)


…Siapa Sangka?
Ada  anekdot  yang seringkali dilontarkan oleh orang-orang, bahwa ketua LDF di FK USU adalah Ketua Panitia, bukan Ketua Umum layaknya LDF lain. Anekdot ini pada kenyataannya juga tidak salah, karena memang LDF kami bernama PHBI (Panitia Hari Besar Islam) FK USU.
PHBI FK USU pada awalnya adalah organisasi bentukan dosen yang akhirnya dilimpahkan kepada mahasiswa. Dengan berbagai pertimbangan, nama ini tetap dipakai walaupun sekarang semua program kerja telah dilaksanakan sepenuhnya oleh mahasiswa.
PHBI FK USU malah pernah dikuasai selama beberapa tahun oleh orang luar, hingga pada tahun 2006 musholla kembali dipegang oleh orang kita. Sejak itu, perkembangan dari PHBI FK USU menunjukkan perkembangan yang signifikan, baik dari pengkaderan maupun program-program kerja yang dilaksanakan.
Di kesempatan ini, saya ingin sedikit berbagi cerita tentang salah satu prokja dari divisi kreativitas dan kemahasiswaan (KK) yaitu Islamic Medicine ke-2 pada semester genap tahun 2011 dimana saya menjadi ketua panitianya. Cerita ini berawal dari diangkatnya saya menjadi ketua divisi KK pada semester ganjil.
Ketika saya diminta oleh Ketua Musholla kami, terlintas satu hal yang membuat saya berteriak “oh tidakkkk”. Kenapa? Ini tidak lain karena divisi KK sebelumnya tercap dengan anggota-anggota yang susah diatur dan malas datang syuro’. Ketahuilah ini bukan karena mereka bandel, tapi memang karena mereka lebih mementingkan kuliah daripada berorganisasi (secara IP mereka > 3,5). Apa yang akan saya lakukan, sedangkan ini pengalaman pertama saya menjadi seorang ketua divisi?
Segala keresahan akan kehadiran anggota pada saat syuro’, membuat saya semakin intensif untuk mengajak anggota saya untuk tidak melupakan hari syuro’ yang telah ditentukan. Alhamdulillah, semua program kerja yang direncanakan pada semester ganjil dapat berjalan dengan baik walaupun kehadiran anggota saya ketika syuro’ dan hari-H acara pada semester ganjil terasa makan hati.
Masuk pada semester genap. Ketika itu, semua anggota saya bersemangat untuk mengadakan kembali acara Islamic Medicine yang pada tahun 2010 sangat diapresiasi oleh pihak dekanat. Dan saya langsung terpikir, ini mungkin saat yang pas untuk membuat mereka mengetahui urgensi dari kehadiran syuro’.
Saya ingat sekali ketika itu saya berkata kepada mereka, ”Jangan sampai kita buat program kerja ini, lalu kita nyuruh orang di divisi lain yang jadi ketua dan koor-koor nya. Kita harus bertanggung jawab dengan apa yang kita buat. Jadi, aku mau kita semua yang di sini, mengambil posisi-posisi itu, bukan orang lain.” Seketika, anggota-anggota saya langsung terdiam. Mereka sama sekali tidak menyangka bahwa saya mengatakan hal tersebut. Dalam hati saya berkata, “Yess, senjata makan tuan. Siapa suruh semangat kali mau buat acara”.
Saya merasakan ada aura keterpaksaan dari mereka. Tapi, saya tetap berkeras mereka harus menerima amanah tersebut, bahkan anggota saya ada yang sampai menangis. Mereka mencoba berkilah dengan berbagai alasan, namun saya tetap menegaskan ini tanggung jawab divisi KK karena kita yang merencanakannya. Akhirnya, mereka rela juga dengan berbagai syarat yang mereka ajukan. Dibagilah amanah koor-koornya kepada mereka semua, sedangkan saya menjadi ketua panitia.
Sejak saat itu, mereka harus membuat syuro’ bidang masing-masing. Pelan tapi pasti, mereka semakin tahu betapa pentingnya segala sesuatu untuk disyuro’kan sebelum dikerjakan. Kehadiran mereka di syuro’ divisi KK pun semakin meningkat. Tidak ada lagi keluar bermacam-macam alasan seperti biasa yang mereka lakukan dulu.
Tak disangka, seiring berjalan waktu mereka juga mendapat ibroh yang lain dari amanah mereka menjadi koor. Bukan hanya sekedar tahu urgensi syuro’, tapi mereka juga berubah dari mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) menjadi mahasiswa yang lebih aktif berorganisasi.
Awalnya mereka membayangkan bahwa mereka tidak akan bisa melaksanakan amanah organisasi yang besar dan berat. Selain itu, mereka juga percaya bahwa kegiatan di luar jadwal akademik yang banyak akan membuat nilai akademik mereka jadi melorot. Tentu saja, hal tersebut berbanding terbalik dengan yang terjadi di realita. Amanah mereka terselesaikan dengan baik, acara Islamic Medicine berjalan dengan sukses, dan yang terpenting di akhir semester nilai akademik mereka tidak mengalami penurunan. Sama sekali!!
Sekarang? Jangan ditanya. Mereka semakin bersemangat mengikuti organisasi lain selain PHBI FK USU. Malah, sekarang mereka menjadi penggerak-penggerak dakwah di FK USU.
Anggota yang paling banyak alasan untuk tidak datang syuro’ dulu, naik posisi menggantikan saya menjadi Ketua Divisi KK di kepengurusan PHBI FK USU berikutnya.
Anggota yang ketika itu menangis karena disuruh menjadi koor, sempat menjadi calon ketua TBM FK USU, namun akhirnya dia terpilih menjadi Sekretaris Umum.
Yang lebih hebat lagi, satu anggota saya yang juga sering berulah, malah menjadi Gubernur PEMA (Pemerintahan Mahasiswa) FK USU.
Inilah bentuk kenekatan dari saya. Saya mempertaruhkan pelaksanaan sebuah acara besar kepada orang yang ogah-ogahan. Tentu saja, saya bukan bodo nekat. Sebelumnya saya telah melihat bagaimana tanggung jawab mereka terhadap amanah yang pernah saya berikan sebelumnya. Dan saya sangat yakin, 200% kalau ada, mereka mampu untuk menyelesaikan amanah yang lebih besar. Seandainya saya tidak berani dan percaya kepada mereka, mungkin saja sampai tamat mereka di FK USU, mereka hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu yang kerjanya hanya kuliah lalu pulang, kuliah lagi lalu pulang.
Satu hal yang menggelitik adalah ketika mendengar mereka mengeluh dengan kehadiran anggota mereka yang sedikit pada syuro’ yang mereka pimpin, dengan santainya saya berkata, “Nah, ini karma karena kalian dulu sering ga datang syuro’ divisi KK”. J



Nama Lengkap            : Hafiz Syaifullah Siregar
Angkatan                    : 2009
Jurusan                        : Kedokteran
FB                               : feazzed@yahoo.co.id
Organisasi
Amanah
Periode
PHBI FK USU
Ketua divisi Kaderisasi
Ketua divisi Kreativitas dan Kemahasiswaan
2011-2012
2010-2011
KSQ USU
Ketua bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
2010-2012
MPMF FK USU
Ketua Komisi Pendidikan, Penelitan, dan Pengembangan
2010-2012

No comments:

Post a Comment