Friday, December 8, 2017

Daun Sirsak Obat Kanker

Tanaman sirsak adalah salah satu tanaman herbal yang setiap bagiannya bisa dimanfaatkan sebagai obat. Mulai dari buahnya, batangnya, daunnya, hingga akarnya. semua bagian tersebut memiliki khasiatnya masing-masing yang sangat luar biasa. Khusus daun sirsak mungkin rasanya tidak semenggiurkan daging buah sirsak, Akan tetapi daun sirsak memiliki manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan buahnya sendiri. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada 1965, menemukan bahwa daun sirsak memiliki kegunaan untuk mengatasi kanker.

Di dalam daun sirsak memiliki senyawa proaktif seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin, dll. Kandungan-kandungan tersebut cukup berkhasiat 100 kali lipat (bahlan lebih) untuk mengatasi kanker dibandingkan kemoterapi. Sebuah penelitian dilakukan oleh pihak National Cancer Institute pada tahun 1976, menemukan bahwa daun dan batang sirsak mampu membunuh sel kanker. Penelitian ini diperkuat dengan adanya bukti uji klinis yang dilakukan para ilmuwan di Korea Selatan.


Apabila obat-obat kanker lain tidak mematikan sel-sel kanker secara keseluruhan, daun sirsak disebut punya cerita lain. Annonaceous acetogenin yang terkandung dalam daun sirsak disebut sebagai obat yang mujarab. Senyawa ini sendiri terdiri atas berbagai senyawa turunan acetogenin dengan fungsi yang berbeda-beda. Tetapi, pada dasarnya acetogenin dapat mematikan sel kanker dengan menghambat pengiriman energi sel atau Adenosina trifosfat (ATP) ke dalam sel kanker. Tanpa energi, sel kanker tidak akan tumbuh berkembang dan perlahan-lahan akan mati dengan sendirinya. Berbeda dengan obat kanker lainnya, acetogenin tidak perlu masuk ke dalam sel kanker untuk mematikannya.

Senyawa ini cukup menghentikan perpindahan energi sehingga sel kanker akan gagal membuat Nikotinamida Adenosin Dinukleoida Hidrogen (NADH) yang berarti kematian bagi sel kanker tersebut. Sebut saja, Adriamycin sebagai salah satu obat kanker sintesis yang paling kuat. Dibandingkan dengan Acetogenin yang berasal dari daun sirsak, obat tersebut lebih lemah. Contohnya untuk mengatasi sel kanker paru-paru, senyawa Murihexocin dalam Acetogenin memiliki kekuatan hampir 1.000 kali lipat dibandingkan Adriamycin.

Senyawa Acetogenin dalam daun sirsak juga bersifat selektif sehingga hanya menyerang sel-sel kanker saja, bukan sel-sel sehat. Pengobatan dengan daun sirsak menghindarkan pengguna dari risiko berupa penyerangan sel-sel sehat dan efek samping seperti kehilangan berat badan, muntah-muntah berlebihan, hingga rambut rontok. Akan tetapi, bukan berarti ekstrak daun sirsak tidak memiliki efek samping. Tubuh akan terasa panas saat mengonsumsinya dengan sedikit rasa mual. Hal ini terjadi karena Acetogenin yang mulai bereaksi pada tubuh. Untuk mengatasinya kita harus meminum air mineral setidaknya satu liter per hari. 


Untuk memulai mengatasi kanker dengan ekstrak daun sirsak cukup sederhana. Setelah mendapatkan daun sirsak tua segar sejumlah 10-15 lemabr, rebus dan minum airnya, setiap hari. Selain itu, simplisia daun sirsak juga bisa digunakan, cukup ambil 20-30 lembar kemudian rebus dan diminum. Agar kita mendapatkan hasil yang diinginkan, penderita kanker harus mengonsumsi daun sirssak secara tepat dosis, jika berlebihan efeknya juga tidak baik.

Terlalu banyak menjadi racun, terlalu dikit akan lama sembuhnya. Nah, agar daya penyembuhannya bertambah, penderita kanker diharapkan untuk mengonsumsi daging buah sirsak yang manis dan asam. Buah yang tersebar di benua Amerika, Afrika, hingga Asia ini mengandung Vitamin C, Vitamin B, dan antioksidan. Pengobatan dari daun sirsak pun banyak. Seperti menjadi teh untuk membersihkan perut dan membantu pencernaan kita. Selain itu, untuk daun sirsak dapat meningkatkan insulin dan daya tahan tubuh penderita diabetes. Khasiat lainnya bisa digunakan untuk penderita hipertensi dengan menurunkan lipid dan gula darah agar tekanan darah kembali normal.
Untuk mereka yang tipus dan diare pun bisa diatasi dengan mencampur daun sirsak, tetapi cukup sedikit saja. Cukup mengejutkan bukan bagaimana daun dari Anonna muricana atau sirsak dapat memberikan khasiat kesehatan yang luar biasa.

No comments:

Post a Comment