Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Wednesday, September 18, 2019

6 Kompetisi Bergengsi Di Kampus Yang Wajib Di Coba

0 comments
Apa kabar sobat Birulangit??. pada kesempatan kali ini kita akan bagi informasi kompetisi ditingkat mahasiswa yang secara resmi memang menjadi program utama Kemenristek Dikti. Seperti yang kita pernah rasakan jika jadi mahasiswa hanya kuliah saja tanpa merasakan manis asin kehidupan kampus, terasa kuliah jadi begitu hambar. Tidak ada berdebar-debarnya karena ngampus hanya sekedar ngejar IPK saja.

Oleh karena itu agar ngampus itu penuh warna, penuh rasa dan penuh kenangan maka jangan cuma ngampus ngejar IPK saja. Kejar juga prestasi lainya baik itu dibidang akademik atau non akademik misalnya mengikuti organisasi kampus dan mengikuti kompetisi yang diperuntukan buat mahasiswa. Sobat Birulangit harus tau ya bahwa debar-debar menunggu pengumuman dalam sebuah kompetisi itu sensasinya waww banget dan pastinya bersejarah banget. Oh ya perlu jadi catatan ni bahwa berdebar-debar karena kompetisi itu membuat kecanduan lo hehe.

Ok kita rasa cukuplah cuap-cuapnya kita langsung bagikan ni kompetisi resmi dikampus yang bakal sobat semua temui dan harus dicita-citakan menjadi pemenangnya di dalam salah satu kompetisi tersebut:

6 Kompetisi Bergengsi Di Kampus Yang Wajib Di Coba
6 Kompetisi Bergengsi Di Kampus Yang Wajib Di Coba
1. PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

PKM merupakan kompetisi tahunan yang memang rutin dan terjadwal dilaksanakan, kompetisi ini sangat bergengsi banget lo sobat. Bukti bergengsinya adalah salah syarat beasiswa PPA adalah membuat proposal PKM. Nah jadi tahunkan jika PKM adalah kompetisi nasional dalam poembuatan proposal, sampai pada pelaksanaan project proposalnya dan puncaknya adalah dilaksanakan PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional) event puncak PKM untuk mengadu ide dan gagasan yang paling kece sehingga diperoleh pemenang nasional.

Nah PKM sendiri sudah ada  sejak tahun 2001 yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditlitabmas Ditjen Dikti. Sedangkan Pekan Imiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang dilaksanakan pada tahun 2002 adalah PIMNAS-I kegiatan PKM.

Adapun jenis PKM yang diperlombakan sampai saat ini adalah sebagai berikut:

PKM-Penelitian (PKM-P)
PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
PKM-Pengabdian kepada Masyarakat(PKM-M)
PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)
PKM-Karsa Cipata (PKM-KC)
PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)
PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)
PKM- Gagasan Futuristik Konstruktif(PKM- GFK)

6 Kompetisi Bergengsi Di Kampus Yang Wajib Di Coba
6 Kompetisi Bergengsi Di Kampus Yang Wajib Di Coba
2. MAWAPRES (Mahasiswa Berprestasi)

Mawapres bisa dikatakan sebagai kompetisi puncak bagi para mahasiswa yang aktif dikampus, karena di mawapres ini dilakukan penilaian yang sanget komprehensif dan menyeluruh dari semua aktivitas dan kegiatan yang diikuti oleh seorang mahasiswa. Adapun hal-hal yang menjadi penilainya adalah capaian IPK, Kemampuan Berbahasa Asing, Karya Tulis Ilmiah, Capaian Prestasi yang meliputi Prestasi Kompetisi, Prestasi Capaian dan Prestasi Leadership.

Jadi kalau mau jadi Mawapres memang harus benar-benar menjadi mahasiswa yang sangat aktif dikampus. Jadi Mawapres itu bergengsi banget karena seorang mawapres adalah contoh rule model mahasiswa ideal. Tapi sayangnya sejauh ini memang belum pernah ada mawapres yang teropenuhi semua dengan sempurna pada semua kompenen penilaian diatas. Karena biasanya IPK dan Bahasa Asing bagus tapi pretasi tidak menunjang, atau prestasi kompetisi banyak tapi prestasi leadership tidak ada.

Mawapres sama juga seperti PKM diadakan setiap tahun. Diseleksi dari tingkat prodi disetiap kampus, kemudian dipilih finalis terbaik dimasing-masing kampus dan terpilihlah 1 orang mewakili kampus untuk berkompetisi dengan kampus yang lain, sampai akhirnya terpilih 15 finalis terbaik Nasional yang berkompetisi ditingkat Nasional untuk menentukan terbaik 1,2 dan 3.
 
6 Kompetisi Bergengsi Di Kampus Yang Wajib Di Coba
6 Kompetisi Bergengsi Di Kampus Yang Wajib Di Coba
3. ON-MIPA PT (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi)

ON-MIPA PT adalah kompetisi olimpiade bidang ilmu mipa yang sama dengan yang pernah teman-teman ikuti semasa SMP ataupun SMA. Dikampus juga masih ada kompetisi ini. Bahkan kompetisi ini ada sampai tingkat internasional.

Nah jadi buat teman-teman yang sudah punya pengalaman dalam kompetisi ini walaupun kuliahnya tidak sesuai bidnag ilmu tersebut jangan dibiarkan hilang kemampuannya karena kompetisi ini bisa jadi pilihan untuk berprestasi dikampus. Event ini juga diadakan tahunan artinya memang setiap tahun ada. Proses seleksinya diadakan dari tingkat Fakultas, universitas, Regional dan sampai ke Nasional. Adapun yang di olimpiadekan diataranya ada ilmu  Matematika, Ilmu Kimia, Ilmu Fisika, Ilmu Biologi dan Ilmu Astronomi atau kebumian.
 
6 Kompetisi Bergengsi Di Kampus Yang Wajib Di Coba
6 Kompetisi Bergengsi Di Kampus Yang Wajib Di Coba
4. Musabaqoh Tialwatil Al-Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQ-M)

Kompetisi ini diadakan dalam kurun waktu 2 tahun sekali, artinya tidak diadakan setiap tahun. Nah buat sobat-sobat yang punya pengalaman kompetisi MTQ ketika masih menjadi siswa dulu harus diasah terus kemampuanya karena di kampus juga ada kompetisi ini. Dan perlu diingat bahwa persaingan kompetisi ini sejak seleksi tingkat Fakultas sampai pada tingkat Nasional sangat ketat karena berkumpulnya para talenta pada kompetisi ini disetiap kampus.

5. Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Nasional (POMNAS)

Kalau kompetisi ini pas banget buat para sobat yang oleharagawan dan kebetulan bisa lanjut kuliah, maka wajib untuk bisa ikut kompetisi ini.

6. NUDC dan WUDC

Merupakan kompetisi debat tidak nasional dengan menggunakan bahasa Inggris dan menggunakan isu-isu terkini, nah buat sobat yang sudah sejak lahir dikaruniai kemampuan berbahasa inggris yang mempuni wajib mengikuti kompetisi ini, tentunya dengan banyak membaca dan menambah pengetahuan kekinian.

Ok sobat itulah 6 Kompetisi di kampus yang bergengsi banget dan wajib diikuti untuk merasakan sensasi debar-debar kemenangan. Semoga bermanfaat dan memotivasi untuk berkompetisi.

No comments:

Post a Comment