Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Wednesday, October 16, 2019

Ecobrick Solusi Pemanfaatan Sampah Plastik Yang Melimpah

0 comments
birulangitId - Apa kabar sobat birulangit, semakin hari permasalahan kita dengan sampah terutama sampah plastik memang menjadi masalah besar. Bayangkan saja untuk mendegradasi sampah plastik butuh waktu yang cukup lama banget. Kalau di diamkan saja menyemak banget, coba bayangkan dipadang rumput yang hijau terselip sampah plastik pasti bakal menganggu banget untuk dipandang. 

Nah pada tau g kalau salah satu solusi buat mengurangi sampah plastik adalah dengan memanfaatkanya kembali, tentunya dimanfaat dengan cara yang aman dan tidak membahayakan. Nah salah satu solusinya adalah dimanfaatkan dengan menjadikannya sebagai Ecobrick.


Ecobrick Solusi Pemanfaatan Sampah Plastik Yang Melimpah 


Dari namanya yang menarik dan unik, pasti banyak dari kita yang bertanya-tanya apa Ecobrick itu. Eco dan Brick? Bagaimana kedua kata itu bisa digabungkan? Apa manfaatnya? Artikel kali ini akan membahas sedikit banyak mengenai Ecobrick yang berhubungan erat dengan proses pemanfaatan kembali sampah plastik yang kita hasilkan. 


“Eco” dan “brick” artinya bata ramah lingkungan. Disebut “bata” karena ia dapat menjadi alternatif bagi bata konvensional dalam mendirikan bangunan. Maka dari itu ecobrick biasa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furniture. Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Eko-batu bata ini adalah teknologi berbasis kolaborasi yang menyediakan solusi limbah padat tanpa biaya untuk individu, rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Juga dikenal sebagai Bottle Brick atau Ecoladrillo. Solusi limbah lokal ini mulai disebut Ecobrick oleh gerakan masyarakat yang berkembang di seluruh dunia. 


Banyak dari kita yang masih mengkonsumsi makanan atau produk apapun yang dikemas plastik. Kadang kita berusaha kreatif dan mengurangi sampah dengan membuat sabun sendiri di rumah contohnya, tapi bahan-bahan yang digunakannya pun masih menggunakan plastik. Juga tidak mudah untuk begitu saja meninggalkan 100% plastik karena faktanya produk di dalam supermarket hampir 90% sudah dikemas dalam sebuah bungkusan yang sebagian besarnya adalah kemasan plastik. 


Jika reuse dan reduce sudah sangat sulit, maka ecobrick merupakan solusi. Ecobrick mampu memberikan kehidupan baru bagi limbah plastik. Ecobrick adalah cara lain untuk utilisasi sampah-sampah tersebut selain mengirimnya ke landfill (pembuangan akhir). Dengan ecobrick kita memiliki kesempatan untuk mengubah pengorbanan komunitas dan ekosistem dalam mencerna plastik. Kita dapat mengubah plastik menjadi bermanfaat bagi masyarakat dan ekosistem setempat. Karakteristik plastik yang sangat bermasalah digunakan yaitu longevity dan durability malah menjadi sesuatu yang dicari. 


Nah berikut ada 5 fakta menarik dari Ecobrick ini loh sobat: 
1. Lebih ekonomis dan mudah dibuat karena hanya berbahan limbah botol dan plastik bekas di sekitar kita. 
2. Ecobrick dapat mencegah plastik berakhir di pembuangan landfill 
3. Ecobrick bisa menjadi material bangunan yang kuat, awet, dan tahan air 
4. Ecobrick ditemukan pertama kali di Filipina oleh seniman asal Kanada yang tinggal di Indonesia 
5. Ecobrick sudah dimanfaatkan komunitas lingkungan untuk membangun berbagai bangunan. 




Cara Pembuatan Ecobrick 

untuk membuat Ecobrick juga sangat mudah lo sobat. Botol plastik apa pun dapat digunakan untuk membuat Eco-brick, tetapi botol yang paling tepat untuk digunakan yang berukuran 500 ml. Siapkan botol plastik, sampah non organik dan non biologi, gunting dan siapkan kayu/tongkat untuk memadatkan. Walaupun terlihat mudah, namun pada proses pembuatannya ada beberapa hal yang perlu diketahui. Botol harus dalam keadaan bersih dan kering. Sampah plastik pun harus dalam keadaan bersih dan kering untuk menghindari bakteri tumbuh di dalam botol ecobrick.

Putar dan tekan-tekan tongkat dan pastikan bahwa isinya padat dan merata di seluruh botol. Ini membantu memastikan bahwa botol tidak memiliki rongga dan memiliki sifat padat yang mirip dengan balok beton. 

Nah itulah cara bagaimana kita memanfaatkan sampah plastik disekitar lingkungan sehingga tidak menyemak dan memiliki nilai manfaat. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment