Monday, October 14, 2019

Sedikit Tapi Cukup

Sedikit Tapi Cukup
Sedikit Tapi Cukup

Bismillah...

Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Makanan satu orang mencukupi dua orang, makanan dua orang mencukupi empat orang dan makanan empat orang mencukupi delapan orang.” HR. Muslim

Suatu malam, Abu Bakar membawa pulang tiga orang, dan Abdurrahman diamanahi oleh sang ayah untuk menjamu tamu yang berjumlah tiga orang itu. Abdurrahman berikut istrinya Abu Bakar yang ada di rumah diminta untuk menjamunya, kemudian Abu Bakar pergi kembali menemui Rasulullah.

Begitu sampai di rumah ternyata Abdurrahman bersembunyi. Dia takut, karena kalau sampai Abu Bakar pasti marah. Dan benar Abu Bakar marah. Yang membuat Abu Bakar marah adalah tamunya belum makan.

Bukan salah keluarganya. Keluarganya sudah menawarkan berkali-kali, tetapi tamunya tidak mau makan sampai Abu Bakar datang. Abu Bakar sempat bersumpah tidak mau menyentuh makanan itu. Tapi begitu tamunya mulai makan, ternyata ada keajaiban.

Keajaiban itu sampai membuat Abu Bakar bertanya kepada istrinya, Apa ini? "Yaa ukhta Bani Firasy maa hadza?"

Istrinya menceritakan apa keajaiban itu. Ternyata setiap tamunya makan, tidak berkurang makanan itu. Ajaib! Justru bertambah tiga kali lipat makanan itu. Bahkan, esok paginya makanan itu dibawa ke Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam,dan makanan itu digunakan untuk menjamu 12 rombongan di hari itu. Subhanallah.

Maka marilah kita belajar. Kalau keberkahan sudah hadir, kalau keberkahan itu ada, yang sedikit pun akan mencukupi untuk banyak orang.

Oleh karena itu, kalau ternyata ada sesuatu yang banyak tapi tidak mencukupi, maka perhatikan. Jangan-jangan hilang keberkahannya

Semoga apa yang kita miliki walau jumlahnya sedikit, mudah-mudahan diberkahi Allah. Karena jika yang sedikit itu diberkahi, maka cukup untuk kita.

Cari berkahnya bukan jumlahnya.
Wallahu a’lam bisshawab



Pekanbaru, 14 Oktober 2019


#CatatanEmakTricilZAM

No comments:

Post a Comment