Saturday, November 2, 2019

Buah Matoa Yang Buanyak Banget Manfaatnya Di Universitas Riau Banyak Pohonnya

Buah Matoa Yang Buanyak Banget Manfaatnya Di Universitas Riau Banyak Pohonnya
Buah Matoa Yang Buanyak Banget Manfaatnya Di Universitas Riau Banyak Pohonnya
Sobat birulangitid pasti sudah g asing dengan buah Matoa kan?, buah yang buanyak banget di kampus kita Universitas Riau. Sobat dah pada tau belum rupanya buah Matoa ini merupakan buah khas dari pulau Papua. Meskipun dikenal sebagai buah khas Papua, ternyata Matoa atau Pometia pinnata bisa ditemukan di daerah Sumatera, Sulawesi dan Maluku. Selain itu, buah ini juga sebenarnya bisa ditemukan di daerah lain namun dengan penyebutan nama yang berbeda.
Klasifikasi Ilmiah Matoa    
               
Kingdom               : Plantae
Divisi                     : Magnoliophyta
Kelas                    : Magnoliopsida
Ordo                    : Sapindales
Famili                    : Sapindaceae
Genus                   : Pometia
Spesies                : P. pinnata
Nama binomial     : Pometia pinnata

Di Sumatera Utara buah ini dikenal dengan nama Pakam, di Minangkabau buah ini dikenal dengan nama Langsek Anggang, di Jawa Barat dikenal dengan nama Leungsir dan di Pulau Jawa dikenal dengan nama Kayu Sapi.

Pohon matoa sendiri hanya dapat berbunga sekali dalam setahun, yaitu antara bulan Juli hingga Oktober dengan masa matang sekitar 4 bulan. Pohon ini tumbuh baik di semua wilayah, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi, yang pasti Matoa merupakan tanaman tropis yang hidup di daerah dengan curah hujan tinggi.

Matoa memiliki bentuk buah yang bulat lonjong dengan ukuran sebesar telur puyuh hingga sebesar buah pinang. Panjang buah sekitar 1,5-5 cm dengan diameter 1-3 cm. Kulit buah ketika muda akan berwarna hijau dan ketika masak akan berwarna coklat kemerahan dengan tekstur yang licin, tipis serta kering.

Sementara itu pada bagian dalamnya, daging buah memiliki kemiripan dengan buah rambutan yang memiliki tekstur kenyal, bening dan berair. Untuk hal rasa, buah ini memiliki rasa manis yang unik, yaitu perpaduan antara rasa dari buah rambutan, kelengkeng, leci serta durian.

Papua memiliki dua jenis Matoa, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Hal yang membedakan dari kedua jenis Matoa ini adalah pada tekstur buahnya. Pada Matoa Kelapa buahnya kenyal dan padat seperti rambutan aceh, sedangkan Matoa Papeda memiliki tekstur buah yang berdaging, lembek dan lebih lengket.

Matoa, selain diambil buahnya, batang kayunya juga sangat bermanfaat dan bernilai ekonomis. Tinggi pohonnya dapat mencapai 40-50 meter dengan ukuran diameter batangnya dapat mencapai 1 meter hingga 1,8 meter. Batang kayu pohon matoa termasuk keras tetapi mudah dikerjakan. Banyak dimanfaatkan sebagai papan, bahan lantai, bahan bangunan, perabot rumah tangga. Sedangkan kulit pohon matoa berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan pestisida nabati.

Selain memiliki rasa yang nikmat, buah Matoa juga memiliki khasiat yang cukup banyak. Kandungan vitamin C dalam buah mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah dan berfungsi meningkatkan antioksidan pencegah kanker.

Selain itu, Matoa juga mengandung vitamin E yang berguna sebagai penghilang stress, meningkatkan kesuburan, dan meminimalisir risiko terkena penyakit Jantung. Namun demikian, kandungan glukosa dalam buah Matoa juga cukup tinggi, sehingga mengkonsumsi Matoa dalam jumlah banyak dapat menyebabkan pusing dan mabuk.

Buah matoa ini punya manfaat yang bagus untuk kesehatan manusia seperti:
Buah matoa ini kaya gizi. Hal ini disebabkan kaya akan viamin C, dan E yang diandalkan untuk melawan radikal bebas. Vitamin Cnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh sedangkan vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit dan kesuburan pria. Selain itu juga ada kandungan mineral seperti kalsium dan kalium.

Membantu menangkal penyakit kronis. Hal ini disebabkan karena ada kandungan antioksidannya yaitu zat tannin yang bisa menangkal radikal bebas.

Manjur untuk melawan kuman penyakit. Hal ini karena buah ini mampu mencegah kuman masuk ke dalam tubuh. Bahkan penelitian di Bogor menyebutkan kalau buah matoa ini bisa menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran pernafasan dan saluran kemih.
 
Buah Matoa Yang Buanyak Banget Manfaatnya Di Universitas Riau Banyak Pohonnya
Buah Matoa Muda
Bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena ekstrak buah matoa ini bersifat diuresis yang meningkatkan pengeluaran cairan dari dalam tubuh. Kalau cairan dalam tubuh banyak otomatis tekanan darah meningkat. Jadi kalau kadar cairan normal maka tekanan darah juga akan turun.
Berikut ini beberapa manfaat buah matoa yang perlu diketahui:

1. Mengatasi kanker

Tanpa disadari, berbagai radikal bebas masuk ke tubuh bersama makanan dan minuman yang dikonsumsi. Udara yang dihirup pun juga bisa membawa masuk beberapa radikal bebas yang bisa menurunkan dan membahayakan kesehatan tubuh.

Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi asupan yang mengandung antioksidan. Salah satu buah yang mengandung antioksidan adalah buah matoa. Kandungan antioksidan di dalam buah matoa memiliki manfaat penting.

Antioksidan di dalam matoa dapat menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bisa mencegah beberapa penyakit kanker yang hampir berkembang di dalam tubuh. Tubuh Anda pun bisa terhindar dari penyakit kanker.

2. Mengandung antioksidan
Buah matoa memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan dapat menangkal serangan radikal bebas serta mengurangi risiko kanker. Antioksidan juga dapat menghancurkan sel-sel pemicu kanker sebelum menyebar.

3. Sebagai obat ambeien

Ambeien adalah salah satu gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan. Manfaat buah matoa dapat Anda gunakan sebagai obat penyembuh ambeien secara alami. Apabila Anda sedang mengalami ambeien ringan, cobalah untuk rutin mengonsumsi buah matoa untuk mengatasinya.

4. Mencegah penuaan dini

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah matoa juga bermanfaat bagi kecantikan kulit Anda. Buah matoa dapat mencegah atau memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti garis halus dan kerutan. Sehingga kulit Anda senantiasa tampak kencang dan sehat.

5. Mencegah hipertensi

Bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi, coba gunakan salah satu manfaat buah matoa ini untuk mengatasinya. Buah matoa dapat mencegah datangnya dipertensi serta membantu mengontrol tekanan darah agar lebih stabil.

6. Mengontrol Kadar Gula

Banyak penderita diabetes yang takut mengonsumsi buah karena khawatir akan lonjakan kadar gula darah, padahal nutrisi yang terdapat dalam buah sangat baik untuk tubuh penderita diabetes baik untuk mengontrol gula darah atau menjaga kebugarannya. Salah satu manfaat buah matoa adalah dapat mengontrol kadar gula darah, yang sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

7. Menghilangkan stres

Aktivitas berat yang kita lakukan setiap hari dapat menyebabkan kita menjadi stres. Jika dibiarkan stres bisa menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya. Salah satu cara mengantisipasinya adalah dengan mengonsumsi buah matoa, Anda bisa mengonsumsi buat ini secara rutin untuk membantu mengurangi stres.

8. Melancarkan pencernaan

Khasiat buah matoa juga sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan, hal ini karena banyaknya kandungan serta pada buah matoa. Anda yang sedang terkena gangguan pencernaan seperti sembelit juga bisa mencoba mengonsumsi buah matoa untuk kembali melancarkan pencernaan Anda.

9. Sebagai sumber tenaga

Mengonsumsi buah matoa bisa menjadi sumber tenaga alami untuk menggantikan tenaga Anda yang hilang setelah beraktivitas.

10. Mengeluarkan racun

Di dalam tubuh kita terdapat racun yang berasal dari berbagai sumber, salah satunya makanan. Racun jika tidak segera dikeluarkan sudah pasti akan memberikan dampak negatif bagi tubuh kita, seperti muncul penyakit lain yang berbahaya. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu tubuh mengeluarkan racun, salah satunya dengan mengonsumsi buah matoa ini.

11. Mencegah jerawat muncul

Jika jerawat sudah muncul pasti Anda akan mencari berbagai cara menghilangkan jerawat, karena itu mencegahnya adalah terbaik. Anda bisa mencegah jerawat muncul dengan rutin mengonsumsi buah matoa, karena kandungan vitamin C dan E yang dapat menangkal jerawat sehingga kulit Anda terlihat lebih bersih.

12. Mempercantik keindahan kulit 

Tak hanya menyehatkan, manfaat buah matoa juga bisa mempercantik terutama kecantikan keindahan kulit. Dengan mengonsumsi buah matoa maka kulit tubuh yang Anda miliki akan terlihat lebih cantik dan indah.

13. Melindungi kulit dari sinar UV

Paparan sinar matahari tidak dapat dielakkan lagi. Semua orang akan terkena paparan sinar UV dari matahari. Akan tetapi, ada solusi untuk ini yaitu dengan memakan matoa. Manfaat buah matoa bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV.

14. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah matoa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Manfaat buah matoa yang satu ini tak lepas dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Penangkalan radikal bebas yang dilakukan oleh antioksidan tak hanya mencegah kanker saja.

Akan tetapi, sistem kekebalan tubuh akan meningkat jika berbagai radikal bebas bisa dibuang dari tubuh. Beberapa penyakit pun dapat dicegah sebelum terjadi sehingga ini bisa membuat tubuh Anda lebih sehat dan prima.

15. Mengatasi jantung koroner

Buah matoa perlu dikonsumsi terutama bagi Anda yang memiliki faktor risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan buah matoa juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Manfaat buah matoa bisa mengatasi jantung koroner.

16. Melembapkan kulit

Buah matoa tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja melainkan juga bagi kecantikan. Manfaat buah matoa dapat melembapkan kulit jika dikonsumsi secara teratur. Kulit tubuh akan menjadi lebih lembap dan sehat sehingga nampak lebih indah.

17. Mencerahkan kulit

Hampir semua wanita ingin memiliki kulit yang cerah dan bercahaya. Apabila Anda ingin memiliki kulit yang cerah maka konsumsilah buah matoa. Buah matoa bisa membuat kulit Anda lebih cerah dan bercahaya.

18. Mengobati wasir
 
Penyakit wasir atau ambeien menyerang bagian paling pribadi pada tubuh manusia sehingga tidak hanya menyakitkan namun juga memalukan. Untuk mengobati penyakit ini ada banyak jenis tanaman obat yang dapat digunakan salah satunya buah matoa.

19. Mempercepat penyembuhan luka
 
Konsumsi buah matoa juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka sehingga luka lebih cepat kering dan sehat seperti sedia kala.

20. Mencegah perkembangan radikal bebas
 
Kandungan antioksidan pada buah matoa sangat bermanfaat untuk menghambat perkembangan radikal bebas di dalam tubuh. Hasilnya tubuh terhindar dari berbagai efek buruk radikal bebas seperti penyakit jantung dan penuaan dini.

Manfaat Batang/Kayu Matoa
Batang/kayu matoa juga tidak kalah bermanfaat baik untuk kesehatan atau tujuan lainnya. Berikut beberapa manfaat batang/kayu matoa:

1.     Mengobati luka
 Luka yang mengenai kulit dapat diobati dengan menggunakan kulit dari kayu matoa. Cara ini digunakan oleh masyarakan Priangan di Jawa Barat.

2.     Mengatasi demam
untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi ketika demam kita dapat menggunakan air rebusan kulit dari kayu matoa sebagai air mandi

3.     Bahan bangunan
Batang pohon matoa yang cukup besar dan keras dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat rumah atau bangunan, seperti dijadikan tiang rumah.

4.     Bahan pembuat perahu
Batang pohonnya yang keras dan kuat juga sangat baik untuk dijadikan bahan dasar pembuatan perahu.

5.     Bahan pembuat mebel
Selama ini kita mungkin hanya mengenal kayu-kayu tertentu seperti kayu jati dan trembesi dalam pembuatan mebel. Namun kayu pohon matoa ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mebel sehingga kita memiliki lebih banyak pilihan dalam membuat mebel.

6.     Sebagai kayu bakar
Sebagian orang juga kerap menjadikan kayu atau batang matoa sebagai kayu bakar untuk memasak makanan. Menurut mereka rasa masakan yang dihasilkan dari pembakaran kayu bakar lebih enak dan harum daripada menggunakan kompor. 

7.     Sebagai arang untuk memanggang
Selain itu kayu pohon matoa juga bisa dijadikan sebagai arang yang dimanfaatkan ketika memanggang makanan seperti memanggang udang, ikan, atau kepiting.

Manfaat Daun Matoa
Sebagaimana tumbuhan obat lainnya daun dari tumbuhan matoa juga banyak dijadikan obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit diantaranya:

1.     Mengobati batu ginjal
Material keras yang terbentuk dan menyumbat ginjal dapat menyebabkan beberapa keluhan seperti urine yang bercampur dengan darah, nyeri pada pinggang, nyeri di selangkangan, dan lain sebagainya tergantung tingkat keparahannya. Untuk meluruhkan batu ginjal ini kita dapat memanfaatkan ramuan dari daun matoa.

2.     Mengobati batu empedu
Selain batu ginjal masalah sumbatan lain yang menyerang organ tubuh adalah batu empedu. Sesuai namanya penyakit ini merupakan pembentukan material keras seperti batu yang terjadi dan menyumbat saluran empedu. Penyakit ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi ramuan daun matoa.

3.     Meminimalisir resiko penyakit gula
Buah matoa terkenal dengan daging buahnya yang manis. Mengonsumsi buah ini dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit gula karena asupan gula yang didapat dari buah matoa lebih alami dan sehat.

4.     Mengobati hipertensi
Penderita hipertensi dapat mencoba meminum ramuan daun matoa ketika tekanan darahnya sangat tinggi agar tekanan darahnya kembali normal.

Nah sobat birulangitid buanyak bangetkan manfaat buah matoa yang lagi berbuah di terus dikampus Universitas Riau ini.

Sumber:
8villages
Marketcity
manfaat

No comments:

Post a Comment