Ini SINTA Sistem Informasi Penelitian Berbasis Web - Lifestyle, Passion and Habit

Latest

Menampilkan Lifestle Passion and Habit Penulis

Wednesday, November 27, 2019

Ini SINTA Sistem Informasi Penelitian Berbasis Web


Ini SINTA Sistem Informasi Penelitian Berbasis Web
Ini SINTA Sistem Informasi Penelitian Berbasis Web

Sobat birulangitid yang masih pada ngampus pasti g asingkan dengan namanya jurnal, karya ilmiah dan sejenisnya. Kalau berbicara jurnal pastinya kita sering dengar penerbit jurnalnya SINTA berapa?, nah jadi penasarankan SINTA itu apaan, nah biar sobat birulangitid g bingung dan bengong-bengong pas pada ngomongin SINTA, yok baca artikel ini.

SINTA kepanjangannya adalah Science and Technology Index. SINTA merupakan sebuah sistem informasi penelitian berbasis web yang menawarkan akses yang cepat dan mudah ke jurnal yang dipublikasikan oleh pendidikan tinggi dan institusi penelitian di Indonesia dan sekaligus mengukur tingkat performanya. SINTA menyediakan informasi mengenai benchmark dari suatu perguruan tinggi, kolaborasi, tren analisis dari suatu penelitian, dan juga merupakan direktori kepakaran di Indonesia. SINTA menjadi pusat informasi sitasi dan kepakaran di Indonesia.

Visi dari SINTA adalah "Menjadi Rujukan Hasil Penelitian".

Misi dari SINTA adalah :

1. Mengembangkan sitasi dan kepakaran di Indonesia.

2. Mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan penelitian dari setiap institusi.

3. Mengembangkan sebuah sistem yang dapat menganalisis tren penelitian di Indonesia.

4. Mengembangkan direktori kepakaran di Indonesia.

SINTA diinisiasi pada tahun 2016 oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dengan melibatkan para pakar dari berbagai institusi. Konten SINTA berasal dari jurnal Indonesia yang telah diterbitkan secara elektronik memiliki profil baik Google Scholar maupun Scopus yang berisi sejumlah sitasi, h-index, i-10 index, pengembangan selanjutnya akan termasuk makalah prosiding, buku, dan hak paten dari para peneliti di Indonesia.

Fitur-Fitur Sinta

Guna memudahkan pengelolaan, maka Portal Sinta dilengkapi beberapa fitur sebagai berikut:

1. Citation

Pada bagian Citation menampilkan h-index dalam kurun waktu pertahun untuk Google Scholar dan Scopus.

2. Networking

Sedangkan dada bagian networking, Anda dapat mengetahui networking dengan peneliti lain yang pernah mengadakan kerjasama dengan Anda.

3. Research Oputput

Research Output berisi mengenai artikel jurnal, buku dan artikel seminar yang telah Anda hasilkan. Sedangkan pada bagian Score, Anda dapat melihat indeks di Scopus, Google Scholar dan InaSTI.

Keunggulan SINTA

Keunggulan utama SINTA dibandingkan dengan portal peng-indeks yang lain yaitu dapat secara otomatis meng-indeks hasil karya yang telah ter-indeks di Google Scholar, Scopus, InaSTI dan Indonesian Publication Index (IPI)

Nah itulah SINTA itu, semoga bermanfaat ya.

No comments:

Post a Comment