Tuesday, December 10, 2019

Dana Riset Tahun 2020 Senilai Rp 30-an Triliun

0 comments
Dana Riset Tahun 2020 Senilai Rp 30-an Triliun
Dana Riset Tahun 2020 Senilai Rp 30-an Triliun
Taukah sobat birulangitid kalau Indonesia saatnya sedang mengejar ketertinggalan di bidang riset, nah oleh karena itu anggaran buat riset juga ditingkatkan, dikutip dari Tempo Tekno, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro menyebutkan bahwa hitungan kasar dana riset tahun 2020 adalah senilai Rp 30-an triliun. Sebelumnya, anggaran riset pada 2019 adalah Rp 35,7 triliun, yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Juli 2019. Angka tersebut, kata Sri Mulyani, meningkat dibandingkan dengan 2017 yang sebesar Rp 24,9 triliun. Alokasi anggaran ini, merupakan bagian dari dana pendidikan 2019 yang mencapai Rp 492,5 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Dana riset yang lebih dari Rp 35 triliun itu dialokasikan untuk 45 kementerian dan lembaga. Dilihat dari sisi penggunaannya, menurut Sri Mulyani, 43,7 persen dana riset itu yang benar-benar digunakan untuk penelitian. Sisanya belanja operasional, misalnya untuk jasa iptek, belanja modal dan bahkan untuk pendidikan dan pelatihan. Bambang menjelaskan bahwa BRIN akan mengendalikan anggaran tersebut.  supaya tidak terjadi duplikasi ataupun juga tidak terjadi inefisiensi, Kemenristek  ingin benar-benar dana riset yang jumlahnya belum besar ini benar-benar terpakai sesuai dengan kebutuhan.

Dana riset tersebut,  ada yang akan digunakan untuk pemeliharaan infrastruktur atau membangun infrastrukturnya sendiri, di samping operasional.  Tapi tentunya dari dana tersebut kami perkirakan separuhnya itu bisa langsung terkait riset.

No comments:

Post a Comment