Friday, January 3, 2020

2 Faktor Penyebab Hujan Ekstrem hingga Jakarta Banjir Menurut BMKG

0 comments

https://www.birulangit.id/
2 Faktor Penyebab Hujan Ekstrem hingga Jakarta Banjir Menurut BMKG

Awak tahun baru 2020 sungguh tidak mengenakan buat saudara kita yang berada di sebagian pulau jawa, khususnya Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Banjir akibat curah hujan yang tinggi menjadi mimpi buruk yang nyata dan tiba-tiba saja. Dengan kondisi ini tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi didaerah lain oleh karena itu birulangitid mengajak sobat sekalian untuk tetap waspada dan terus memantau kondisi cuaca dan bersiapsiaga untuk mengantisipasi bencana. Terutama daerah yang rawan banjir dan losnsor.

Dikutip dari liputan6.com Jabodetabek banjir karena hujan ekstrem mengguyur Jakarta dan daerah penyangganya. Berdasar pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari ini disebabkan oleh berbagai faktor.

Analisis meteorologis pada 1 Januari 2020 pagi hari menunjukkan curah hujan tinggi tidak biasanya tersebut dipengaruhi oleh penguatan aliran monsun Asia, hal ini disampaikan oleh Herizal selaku Deputi Bidang Klimatologi BMKG melalui keterangan tertulisnya soal banjir, Jumat 3 Januari 2020. Selain itu, terdapat indikasi jalur daerah konvergensi massa udara atau dalam istilah sederhana, pertemuan angin monsun intertropis (ITCZ) yang berada tepat di atas wilayah Jawa bagian utara. Maka penyebab tingginya curah hujan di jabodetabek adalah karena:

1.Penguatan aliran monsun Asia
2.Pertemuan angin monsun intertropis (ITCZ) yang berada tepat di atas wilayah Jawa bagian utara

ITCZ membuat penguapan dari lautan sekitar Pulau Jawa yang sudah menghangat dan menyuplai kelimpahan massa uap air bagi atmosfer di atasnya. Kondisi ini memicu pertumbuhan awan yang sangat cepat, tebal, dan masif.
https://www.birulangit.id/
2 Faktor Penyebab Hujan Ekstrem hingga Jakarta Banjir Menurut BMKG

Beberapa aspek fenomena meteorologis yang biasanya menyertai curah hujan tinggi di Jakarta, dapat sebagai penyebab individual atau kombinasi antar beberapa fenomena atmosfer sekaligus, di antaranya ITCZ, Madden Julian Oscalliation atau MJO, Suhu Muka Laut lebih hangat, penguatan aliran monsun lintas ekuator, La Nina,  dan Seruakan dingin Asia cold surge.

No comments:

Post a Comment