Popular Posts

Thursday, February 27, 2020

Dibalik Nuklir yang Menakutkan, Ada Manfaat Luar Biasa Dibidang Kesehatan

0 comments
Baru-baru ini kita pernah dihebohkan dengan bocornya radioaktif  atau apalah gtu ya, disekitaran Batan. Tentunya ini semua sangat berkaitan erat dengan yang namanya Nuklir

Apa yang ada di benak sobat birulangitid ketika mendengar Nuklir

Sebagian besar pasti berpikir menakutkan dan mengerikan. Tapi, tahukah kamu kalau Nuklir bisa dimanfaatkan di beberapa bidang. Seperti apa sih? Simak infografis berikut, ya.

Oh ya infografis ini birulangitid kutip dari laman twitter kemenristek/BRIN, yups cekidot.

https://www.birulangit.id/

Rupa-rupanya Nuklir itu buanyak banget lhoo manfaatnya, salah satunya adalah dibidang kesehatan dengan memanfaatkan yang namanya Radioisotop dan Radiofarmaka. Nah untuk lebih lengkapnya yuk kita lihat apa saja manfaatnya. 

https://www.birulangit.id/
1. Kit Radiofarmaka MIBI ( Methoxy Isobutyl Isonitrile)

Telah diketahui sebagai preparat penatah perfusi miokardial (otot jantung) yang telah ditandai dengan 99mTc.  Kit MIBI ini dibuat dari senyawa MIBI yang disintesis di P2RR-BATAN yang telah melalui karakterisasi dan serangkaian uji kualitas.  Hasil pengujian pada manusia menunjukkan gambaran yang sangat jelas. Dari percobaan ini telah diketahui pula kondisi pengeringan kit yang baik, yang menghasilkan kit dengan kekeringan yang cukup baik dan waktu daluwarsa lebih dari 6 bulan.

2. Kit Radiofarmaka MDP ( Methylene Diphospahonate) 

Kit MDP (methylene diphosphonate) merupakan penyidik tulang untuk diagnosa kelainan pada tulang seperti : mengetahui anak sebar tumor pada tulang, tumor tulang primer, infeksi pada tulang dan penyakit metabolik tulang.

Dapat memberikan gambaran sebaran kanker di dalam tulang di seluruh tubuh. Hal ini mutlak dilakukan dalam penentuan stadium penyakit kanker. Produk ini dapat digunakan untuk mengetahui adanya metastasis kanker di tulang yang sulit dideteksi dengan metode lainnya. Pengguna selama ini menggunakan produk impor yang kurang terjamin kualitasnya akibat dari proses pengangkutan.



https://www.birulangit.id/

3. Kit Radiofarmaka DTPA (Diethylene Triamine Pentaacetic Acid)


Kit Radiofarmaka untuk analisis fungsi ginjal sehingga memberikan informasi yang valid dalam diagnosa dan penanganan lanjutan pada gangguan Ginjal.

4. Senyawa Bertanda Sm-153 EDTMP/Samarium 


Badan Tenaga Nuklir Nasional atau Batan berhasil memproduksi obat Samarium (Sm) 153 EDTMP yang dapat digunakan dalam terapi Paliatif bagi para penderita kanker. Terapi Paliatif sendiri merupakan terpai penghilang rasa sakit yang dijalani oleh penderita kanker.

Samarium 153 merupakan obat yang ditemukan oleh Batan dan memiliki manfaat yang besar bagi dunia kesehatan terutama bagi para penderita kanker. Temuan ini juga digunakanuntuk menggantikan terapi obat konvensional yakni obat-obatan analgesik dan pereda rasa sakit seperti morfin.

5. Senyawa Bertanda I-131 MIBG 

Radiofarmaka 131I -MIBG (metaiodobenzylguanidine) merupakan radiofarmaka untuk diagnosis dan terapi kanker neuroblastoma. Sebagai bahan diagnosis telah mendapat ijin edar dari Badan POM, sedang sebagai bahan terapi masih memerlukan uji klinis lebih lanjut.

Keunggulan : Radiofarmaka ini dapat digunakan untuk mendeteksi kanker neuroblastoma, termasuk sebarannya. Hasil diagnosis ini sangat diperlukan untuk menentukan tindakan yang tepat. Diagnosis ini masih sulit dilakukan dengan metode lainnya. Pengguna dapat memperoleh layanan kesehatan ini di tanah air dengan produksi dalam negeri karena produk ini sulit sekali jika harus diimpor dari luar negeri mengingat harus segera digunakan setelah dibuat. Tidak dapat disimpan dalam waktu lama.

Nah itu dia manfaat Nuklir keren bangetkan. Semoga bermanfaat.
 




No comments:

Post a Comment