Popular Posts

Wednesday, February 26, 2020

Sukseskan Sensus Penduduk 2020 UNRI Gerakan Sahabat Sensus

0 comments

https://www.birulangit.id/
Sukseskan Sensus Penduduk 2020 UNRI Gerakan Sahabat Sensus
Universitas Riau (Unri) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau me-launching dan mengukuhkan sahabat sensus 2020, Selasa (18/2) di Aula Serbaguna Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Kampus Bina Widya Unri.

Data kependudukan yang valid dan akurat merupakan salah satu kunci utama dalam suksesnya pembangunan sebuah negara. Dengan data tersebut, penyusunan perencanaan yang benar, pengambilan keputusan yang tepat, serta mengeksekusi program yang tepat sasaran dapat dilakukan.

Dr Arisman Adnan MSc Koordinator sahabat sensus 2020, menyampaikan sebanyak 125 mahasiswa dan 15 orang Dosen FMIPA Unri terlibat dalam tim yang tergabung dalam sahabat sensus 2020. “Kunci utama kesuksesan sensus penduduk tahun ini adalah partisipasi dari seluruh elemen bangsa. Hajatan ini harus didukung semua pihak.”

Lebih lanjut, Arisman, menyampaikan Unri mendukung kesuksesan sensus 2020 dimana sebelumnya telah di kumpulkan di Malang beberapa waktu lalu pogram studi statistik seluruh indonesia dalam hal ini membentuk sahabat sensus 2020 tersebut. “Fungsi dan tugas dari sahabat sensus ini nantinya mensosialisasikan sensus penduduk serta mendampingi masyarakat maupun mahasiswa mengisi data online di website https://sensus.bps.go.id.”

Arisman selaku koordinator sahabat sensus 2020 Unri, mengajak masyarakat khususnya civitas akademika Unri untuk berpartisipasi dan menyukseskan Sensus Penduduk 2020. Partisipasi ini akan membantu pemerintah mendapatkan data kependudukan yang akurat dan mutakhir sehingga pengambilan kebijakan terkait kependudukan dan perencanaan pembangunan akan lebih baik.

sensus penduduk yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun tersebut bertujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan. Nantinya, data kependudukan tersebut bermanfaat sebagai data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang, ungkapnya.

“Data hasil Sensus Penduduk 2020 nantinya tidak hanya bermanfaat untuk membuat perencanaan masa kini, tapi juga membuat proyeksi sampai tahun 2050 mendatang. Dalam sensus penduduk kali ini, pemerintah menghadirkan inovasi dan kemudahan bagi masyarakat untuk berpartisipasi. Kini, masyarakat dapat mengikuti sensus secara daring dengan mengakses laman yang beralamat di sensus.bps.go.id yang pengisiannya akan dimulai pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang,” kata Arisman.
“Sensus penduduk online agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam sensus dengan mudah. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk pendidikan kepada masyarakat untuk mulai sadar betapa pentingnya data administrasi yang sejalan dengan program Indonesia Sadar Administrasi,” ucapnya.

Bagi penduduk yang belum mengikuti sensus secara daring pada periode tersebut, maka petugas sensus akan mendatangi rumah-rumah penduduk untuk melakukan sensus tersebut yang akan dimulai pada 1 Juli hingga 31 Juli 2020 mendatang.

Sumber: unri.ac.id


No comments:

Post a Comment