Monday, April 6, 2020

Potensi Kulit Buah Durian Dalam Bentuk Arang Aktif Sebagai Penjernih Air Sumur

0 comments
oleh Martia

Birulangitid-Mungkin tidak asing lagi ditelinga kita ketika mendengar kata "Durian" . Saya, dia dan kamu mungkin menyukai durian ini, emang siapa sih yang tidak suka dengan buah satu ini?

https://www.birulangit.id/
Potensi Kulit Buah Durian Dalam Bentuk Arang Aktif Sebagai Penjernih Air Sumur

Durian ( Durio Zibethinus murr.) Adalah  tanaman buah asli Asia tenggara yang tingkat Keanekaragaman tertinggi berada di Borneo.
 
Biasanya setelah makan buah durian, langsung kita buang kulitnya, iya kan untuk apa lagi coba

 Nah ternyata,pada kulit buah durian memiliki kandungan selulosa terbanyak yaitu sekitar Lignin 5% dan 50%-60 % carboxymethyllcellulose. Tingginya kandungan karbon pada kulit buah durian menyebabkan adanya kemungkinan mengubah kulit durian menjadi produk yang lebih berguna sebagai contoh arang aktif.

Lalu, dengan kondisi sekarang banyaknya jumlah kulit durian yang tidak diolah dengan baik dapat menjadi sumber penyakit.
 
Oleh karena itu peniliti jevon,indah dan Wibowo asal Universitas Atma jaya Yogyakarta melakukan penelitian dan tertarik untuk memanfaatkan kulit durian yang di olah menjadi arang aktif untuk menjernihkan air sumur.

Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh keefektifan arang aktif dari kulit durian untuk proses Penjernihan air dalam penurunan kadar Fe dengan penambahan arang aktif dari kulit durian yang di aktivasi dengan NaOH adalah sebesar 62,79% hingga 87,44% pada waktu 20 hingga 60 menit. Dalam penurunan kadar kesadahan dari 46,15 % hingga 71,80 % pada waktu 20 hingga 60 menit. Dalam menurunkan kadar koliform dari >1100MPN/100 mL menjadi 11MPN/100mL.

Wah.....Ternyata telah terbukti bahwa kulit buah durian dapat menjernihkan air sumur.

"Sesuatu yang kita anggap tidak penting, ternyata dibalik itu semua memiliki segudang manfaat bagi lingkungan"

Yokk kita mulai peduli dengan lingkungan sekitar kita ya sobat..!!!

No comments:

Post a Comment