Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Sunday, June 7, 2020

Batikku, Indonesiaku!

3 comments
https://www.birulangit.id/?m=1


Birulangitid-Indonesia memilki beragam keunikan baik berupa fenomena alam, sosial maupun budaya. Indonesia juga hadir dalam beragam perbedaan baik dalam hal agama, bahasa, ras, etnis dsb. Keberagaman keunikan dan perbedaan ini dibalut kesederhanaan dalam nuansa yang cukup menarik yaitu, Pesona Indonesia. Indonesia mampu menciptakan daya tarik tersendiri bagi para pencintanya. Serta mampu memikat keterpukauan dalam diri penyanjungnya. Indonesia merupakan surga bagi pencinta traveling, tour, trip and adventure.

Indonesia kaya akan ciri khas, baik itu makanan, pakaian, tarian, musik, pertunjukkan dam lain-lain. Seperti halnya batik. 

Kalian pasti tahu batik bukan? Ya, batik adalah salah satu ciri khas bangsa Indonesia yang sudah mendunia, bahkan batik mampu membawa nama harum negara Indonesia dalam persaingan dagang internasional. 

Keunikan dan kejaiban seni dalam batik mampu menghipnotis para pelancong untuk memborong dan menviralkannya di negara mereka masing-masing. Dan perlu kalian ketahui! Batik berasal dari kata amba dan tik yang merupakan bahasa jawa, yang artinya adalah menulis titik

Arti dari batik sendiri adalah lukisan di atas kain mori dengan menggunakan canting dan cairan lilin malam. Terdapat banyak sekali jenis batik seperti batik tulis, batik cap, batik celup, batik sablon dsb. Harga batik pun sesuai dengan tingkat kesulitan membuatnya. Biasanya, batik tulis memiliki harga paling tinggi diantara jenis batik lainnya. 

Lalu, daerah mana saja yang terkenal akan kerajinan batiknya? Daerah-daerah tersebut adalah batik Pekalongan, batik Solo, batik Cirebon, batik Madura dan batik Jogja.

Semakin pesatnya perkembangan batik di Indonesia, Batik dijadikan ajang perlombaan seperti pemilihan putri batik di berbagai daerah di Indonesia. Batik juga menjadi seragam wajib bagi para pelajar dan para PNS. Bagaimana pengaruh batik dalam bidang politik? Batik mampu memberikan inovasi kepada para pejabat untuk mengekspresikan nilai seni dalam pemerintahannya. Contohnya, bupati Pamekasan bapak Badrut Tamam yang terus mendukung dan memotivasi pelaku usaha batik dalam berkarya dan berinovasi. Beliau juga ikut andil dalam mempromosikan batik, seperti cara berpakaian beliau yang sering kali menggunakan sarung batik. Beliau juga mempromosikan batik dengan cara mendesain kendaraan dinas dengan motif batik. Keren bukan!

Oleh karena itu, sebagai generasi penerus kita harus lestarikan budaya-budaya yang begitu unik ini. Kita harus bangga dengan apa yang bangsa kita miliki. Jangan sampai keunikan dan ciri khas bangsa indonesia diakui oleh negara lain. Jadilah Generasi Pengeksplor Ide Pelopor Dan Terus Cintailah Produk Indonesia.(Elina)

3 comments:

  1. Enjoy your mind, gud luck bestie, its so special i like!!:D

    ReplyDelete
  2. Cintai budayamu
    Pakai batik tiap hari:v
    Eksplor your knowledge elina😊

    ReplyDelete
  3. Semangat terus Elina... batiku batik indonesia

    ReplyDelete