Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Friday, June 19, 2020

Mengenal Sistem Artificial Intelligence (AI) Untuk Deteksi Covid-19

0 comments
BirulangitId - salah satu dari 9 produk utama konsorsium riset yang dirilis oleh kemenristekBRIN adalah Sistem Artificial Intelligence (AI).

https://www.birulangit.id/?m=1


Sistem Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu produk inovasi dari 9 produk utama Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 @KemenristekBRIN, yang telah diluncurkan oleh Presiden RI @jokowi pada 20 Mei 2020. 

https://www.birulangit.id/?m=1



Sistem Artificial Intelligence (AI) adalah sistem citra medik berbasis kecerdasan buatan yang dapat menjadi alternatif untuk pemeriksaan Covid-19. Sistem AI membantu tenaga medis mengetahui hasil tes Covid-19, lebih cepat dari pemeriksaan Covid-19 melalui rapid test dan PCR.

Teknologi AI dikembangkan @BPPT_RI dengan menggunakan data CT-scan dan X-Ray dari pasien yang nantinya akan dipelajari oleh sistem machine learning dan deep Learning.

Pendekatan machine learning yang diterapkan untuk deteksi Covid-19 menggunakan algoritma berbasis pada Convolutional Neural Networks. Algoritma akan mempelajari data citra X-ray dan CT-scan.

Hasil dari algoritma akan diklasifikasikan tampakan radiologis lapang paru disertai dengan nilai probabilitas yang menyatakan tingkat kenyakinan bahwa pasien positif atau negatif Covid-19, sehingga membantu radiolog dan dokter mempercepat proses diagnosis.

No comments:

Post a Comment