Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Saturday, June 27, 2020

Tim Relawan Mahasiswa Universitas Riau berkolaborasi dengan Camat Kecamatan Kampar melakukan Sosialisasi New Normal dan Pembagian Masker di Pasar Kampar

0 comments
https://www.birulangit.id/?m=1
Tim Kukerta Relawan Mahasiswa Universitas Riau berkolaborasi dengan Camat Kecamatan Kampar melakukan Sosialisasi New Normal dan Pembagian Masker di Pasar Kampar


BirulangitId – Mahasiswa Universitas Riau (UNRI) yang tergabung dalam Tim KUKERTA Relawan Desa Lawan Covid-19 Kecamatan Kampa, Kampar melakukan serangkaian kegiatan pencegahan penyebaran wabah covid-19. Tim Relawan Covid-19 Kecamatan Kampa yang terdiri dari 7 mahasiswa, M.Febri (FMIPA), Septi Devita Nova (FT), Eka Octaviani (FISIP), Neneng Afridawati (FKIP), Hafizah Salsabila Ali (FKIP), Nilma Sutri (FKIP), dan Misda Yanti (FKIP) melakukan kegiatan sosialisasi new normal serta membagikan masker di Pasar Kampar Kecamatan Kampa. Kegiatan ini di lakukan di 2 hari minggu , dimana minggu pertama pada hari minggu tanggal (7 Juni 2020) dan minggu kedua pada hari minggu tanggal (14 Juni 2020). 


Sosialisasi New Normal ini dilakukan sebab Kabupaten Kampar sejak awal Juni 2020 sudah tidak ada lagi penambahan kasus covid 19 di wilayah Kabupaten Kampar. Akan tetapi dari situs corona.kamparkab.go.id sampai dengan tanggal 23 Juni 2020 jumlah positif corona yakni 11 positif dimana 7 orang dirawat dan 4 lainnya telah di nyatakan sembuh dan diperbolehkan untuk pulang. 


Untuk pencegahan penambahan kasus di Kabupaten Kampar akhir-akhir ini di kabupaten Kampar kecamatan Kampa khususnya, Camat Kecamatan Kampa (Dedi Herman) mengajak masyarakat untuk peduli akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Camat Kampa ini juga mengerahkan Bhabinkamtibmas, Satpol PP, BNPB, Puskesmas, dan Kepala Desa se-Kecamatan Kampa untuk ikut andil dalam sosialisasi new normal. Mereka akan fokus untuk menjaga tempat umum dan pusat keramaian seperti pasar untuk memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona. 


Tak hanya itu, Tim kukerta relawan desa lawan covid-19 dari kecamatan kampa juga ikut andil dalam kegiatan sosialisasi new normal dan pembagian masker di Pasar Kampar. Hal ini guna menerapkan new normal atau era normal baru di kecamatan Kampa. Yang mana new normal merupakan adaptasi kebiasaan baru dalam rangka menuju masyarakat produktif dan aman namun ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan covid-19. 


Tujuan dari Sosialisasi New Normal ini tentunya untuk mengedukasi dan menginformasikan masyarakat terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan di masa new normal untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Camat, Bhabinkamtibmas, Puskesmas, BNPB, dan Tim Kukerta Relawan Covid-19 Kecamatan Kampa berkeliling pasar guna mensosialisasi pengunjung pasar dan pedagang agar dapat menerapkan protokol kesehatan. 


Camat Kampa (Dedi Herman) berharap dengan adanya sosialisasi ini masyarakat yang beraktivitas di luar rumah khususnya di tempat keramaian seperti pasar tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini dan masyarakatpun dapat menerapkan himbauan pemerintah akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di era New Normal khususnya di Pasar Kampar.


Sebelum melaksanakan sosialisasi New Normal dan pembagian masker di pasar Kampar, Camat, Bhabinkamtibnas, Puskesmas, BNPB, Kepala Desa serta perangkat desa se-kecamatan Kampa, dan Tim Kukerta Relawan Kecamatan Kampa melakukan Upacara Pembukaan sebelum memasuki pasar. Hal ini bertujuan untuk menyaipkan tim sebelum melakukan sosialiasi dan persiapan untuk sosialisasi nantinya. Upacara pembukaan dilakukan pada pukul 09.00 wib pada hari minggu tersebut camat kampa menyampaikan bahwa tim nantinya akan mengelilingi seluruh penjuru pasar agar informasi New Normal yang akan disampaikan nantinya dapat diketahui oleh semua pengunjung pasar dan pedagang pasar Kampar. 


Selanjutnya, dalam kegiatan sosialisasi tersebut Camat berserta tim yang ikut dalam kegiatan pada hari minggu tersebut tidak bosan-bosannya untuk mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan di pasar. Yakni menggunakan masker sebelum masuk pasar, membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan air mengalir maupun handsanitizer, dan juga tetap menjaga jarak yakni 1-2 m, serta mengingatkan masyarakat agar tidak berlama-lama di pasar. 


Dalam kegiatan sosialisasi inipun masih di temukan masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan yakni masyarakat yang tidak menggunakan masker dan masih banyak ditemukan para pembeli yang bergerombolan. Tentunya hal ini menjadi sorotan dalam kegiatan sosialisasi new normal yang dilakukan 2 minggu berturut-turut tersebut. Untuk itu Camat dan tim berserta tim kukerta relawan juga tak hanya mensosialisasi akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di era New Normal tapi juga membagikan masker untuk para pedagang dan pengunjung pasar Kampar tersebut. Hal yang diharapkan dari pembagian masker ini ialah masyarakat dapat menggunakannnya bila beraktifitas di luar rumah serta dapat menerapkan 1 dari bagian protokol kesehatan. 


Dan juga Ketua kukerta relawan kecamatan kampa (M.Febri) berharap apa yang disampaikan dalam sosialisasi ini dapat diterapkan oleh masyarakat Kampa khususnya. Karena menerapkkan protokol kesehatan tentunya telah harus menjadi kebiasaan yang harus di terapkan di masa new normal covid-19 ini.

No comments:

Post a Comment