Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Wednesday, July 8, 2020

Sosok Mursidah Rambe Yang Menginspiratif Dengan Noble Purpose Lepaskan Pedagang Kecil Dari Jerat Rentenir Dengan BMT Kecil Sampai Aset Miliaran

0 comments
https://www.birulangit.id/
Sosok Mursidah Rambe Yang Menginspiratif Dengan Noble Purpose Lepaskan Pedagang Kecil Dari Jerat Rentenir Dengan BMT Kecil Sampai Aset Miliaran

BirulangitId-Ada penasaran mendalam terhadap sosok Mursidah Rambe ini, karena tdai dikampus pas diskusi dengan Prof. Saryono beliau cerita kalau ini orang Inspiratif banget. Nah ketika itu juga langsung  birulangitid googling dan wow, buanyak banget tulisan yang mengisahkan beliau dan mengisnpirasi banget.

Salah satunya adalah tulisan berikut, semoga menginspirasi kita semua ya sobat.

Nama Mursidah Rambe mungkin tidak asing di kalangan pelaku dan pemerhati ekonomi syariah. Dia adalah pendiri Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Beringharjo, yang menjadikan lembaga itu sebagai alat efektif memberangus praktik rentenir yang tentu bersistem riba.

Semua bermula di pelataran Masjid Muttaqien yang terletak tidak jauh dari area parkir motor Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Banyak pedagang berkeluh kesah lantaran sistem riba yang menjerat mereka akibat ulah rentenir.

Curahan hati para pedagang itu membuat Mursidah ingat betul bagaimana seorang kawan dan keluarganya sangat menderita lantaran rumah mereka disita oleh rentenir. Padahal, orang tua kawannya itu hanya pedagang kecil di sebuah pasar di Sumatera Utara yang penghasilannya tidak cukup untuk melunasi utang.

Kenangan itu menumbuhkan tekad dalam diri Mursidah untuk melawan praktik riba dan menghapus rentenir. Dengan semangat yang begitu besar, Mursidah mengajukan pinjaman modal ke Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa dan mendapatkan Rp1 juta.

Uang itu dia gunakan untuk mendirikan kantor pertama BMT Beringharjo dengan meminjam salah satu ruangan Masjid Muttaqien. Sejumlah peralatan kantor bahkan sampai meminjam ke sana sini.

Mursidah cukup sadar modal yang dia dapat tidak bisa menyasar pedagang besar. Alhasil, dia mendekati pedagang kecil yang kerap sholat dzuhur di masjid tersebut.

Dia menawarkan pinjaman kepada para pedagang dengan sistem syariah. Lambat laun, BMT Beringharjo menjadi perbincangan dan membuat para pedagang tertarik.

Mursidah pun menerapkan pengawasan dan pendampingan terhadap para pedagang. Tujuannya agar pinjaman yang telah diberikan tidak digunakan untuk kebutuhan konsumtif melainkan produktif yaitu mengembangkan usaha.

" Sungguh, ini adalah perjuangan panjang untuk mengedukasi masyarakat merdeka dari riba dan jerat paus rentenir," kata Mursidah, dikutip dari dompetdhuafa.org, Jumat, 29 April 2016.

Lambat laun, BMT yang dirintis Mursidah sejak 22 tahun lalu kini telah berkembang. BMT ini telah memiliki 16 cabang di Pulau Jawa dengan total aset Rp111 miliar.

Waw luar biasa banget ya sobat, Noble Purpose nya itu cuma bagaimana supaya pedagang kecil lepas dari jerat rentenir dan akhirnya BMT yang di dirikannya bisa survive dengan aset luar biasa. Ini semua bisa terjadi karena ketulusannya.

Ditunggu muncul nya Mursidah-Mursidah Rambe lainya.

Sumber : dompetdhuafa.org, dream.co.id dan facebook.com/DompetDhuafaID

No comments:

Post a Comment