Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Sunday, July 12, 2020

Suka Stock Frozen Food Ini Tanda-Tandanya Jika Sudah Tidak Layak di Konsumsi

0 comments
https://www.birulangit.id/?m=1
Suka Stock Frozen Food Ini Tanda-Tandanya Jika Sudah Tidak Layak di Konsumsi


Birulangitid-Frozen food atau makanan beku kian diminati karena tahan lama. Mankanan yang satu ini sudah jadi tren karena bisa dimasakan kapan di butuhkan dan lebih cepat. Namun, seringkali karena sudah tersimpan lama, kelayakan makanan yang sudah membeku sulit dideteksi. Terdapat tanda dan ciri-ciri frozen food yang sudah tak layak dikonsumsi

Dikutip dari CNN Rata-rata frozen food segar seperti ikan, daging, ayam, sayur dan buah serta frozen food olahan seperti nugget, sosis, dan rolade dapat bertahan di freezer selama 3-6 bulan. Sejumlah makanan bahkan dapat bertahan hingga satu tahun.

Namun, demi kesehatan, Anda juga harus awas mengenali ciri-ciri makanan beku yang sudah tak bisa dimasak. Terdapat beberapa tanda dan ciri frozen food sudah tidak layak dikonsumsi.

1. Berubah warna

Dokter spesialis gizi klinik Juwalita Surapsari mengungkapkan tanda utama makanan beku yang sudah tidak baik adalah berubah warna.

"Berubah warna dan berbau," kata Juwalita.

Perubahan warna pada ayam, daging, dan ikan menjadi tanda bahwa makanan sudah terkontaminasi.

2. Mengeluarkan bau

Makanan beku yang saat dicairkan mengeluarkan bau tidak sedap atau berbeda dibandingkan bau aslinya merupakan ciri makanan beku sudah tidak baik untuk dikonsumsi.

Bau umumnya dihasilkan dari makanan yang membusuk dan bisa juga dari penumpukan bakteri.

3. Kristal es di kemasan

Munculnya kristal es di kemasan makanan beku merupakan tanda molekul air dari dalam makanan bergerak keluar. Meski secara teknis masih aman dikonsumsi, makanan tersebut sudah kehilangan kelembapan yang membuat rasa dan tekstur bakal berubah saat diolah.

Dikutip dari Ktchn, kristal es juga merupakan tanda suhu freezer kerap berfluktuasi atau tidak stabil.

4. Sayuran berkerut

Sayuran atau buah yang berkerut dan sudah tidak secerah saat segar juga berarti telah mengering dan kehilangan nutrisi. Perubahan warna pada sayuran buah juga pertanda makanan sudah teroksidasi.

5. Tekstur lengket dan berlendir

Tekstur makanan beku yang lengket dan berlendir juga menjadi pertanda makanan sudah tidak baik dikonsumsi lagi. Segera buang makanan yang sudah tak layak dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment