Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, August 17, 2020

Tim Pengabdian Unri Edukasi Hidup Sehat di Tenayan, Bentuk Kelompok Tani Berbasis Singkong

0 comments
https://www.birulangit.id/?m=1
Tim Pengabdian Unri Edukasi Hidup Sehat di Tenayan, Bentuk Kelompok Tani Berbasis Singkong


Birulangitid-Tim Pengabdian Unri membentuk kelompok tani sehat berbasis singkong di Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan, Kota Pekanbaru. Nama kelompok tani ini disebut Si Akang merupakan singkatan dari Singkong Andalan Keluarga Berkembang.

“Pembentukan kelompok tani sehat berbasis singkong ini sebagai upaya ketahanan pangan keluarga dan wadah gerakan masyarakat sehat,” ujar Dr dr Elda Nazriati MKes, ketua tim pengabdian Universitas Riau, Senin (17/8/2020).

Pembentukan kelompok tani ini didahului dengan kegiatan Focus group discussion (FGD) untuk menggali potensi dan kebutuhan masyarakat di Kelurahan Sialang Sakti. Selanjutnya dilakukan pelantikan pengurus, perekrutan anggota dan peresmian posko Si Akang.

Dr Elda menjelaskan, berbeda dengan kelompok tani lainnya, Si Akang memadukan program Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat (Germas) sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan potensi lokal.

“Bersama dengan mahasiswa Kukerta, gerakan masyarakat sehat yang dilakukan antara lain olahraga, penataan taman obat keluarga, edukasi kesehatan secara online dan offline, serta pendataan pengetahuan masyarakat untuk selanjutnya dilakukan intervensi,” beber Elda.

Dia melanjutkan, agar Si Akang dapat berkembang ke depannya berbagai pelatihan dilaksanakan sebagai bekal untuk menghidupkan kelompok tani ini.

Seperti manajamen organisasi dan kemiteraan, seminar kandungan gizi pada singkong, dan budidaya singkong dengan mengundang narasumber dari Departemen Pertanian Jakoni SP MP.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan praktik lapangan dengan membersihkan lahan dan menanam singkong.

Selain itu juga diserahkan bantuan kelengkapan organisasi, buku panduan budidaya singkong, dan alat perajang singkong.

Dalam perjalanannya selain Kelurahan Sialang Sakti, diharapkan Si Akang dapat menjalin kemiteraan dengan berbagai pihak.

Elda berharap kegiatan ini dapat berlanjut di tahun kedua dan ketiga, sehingga cita-cita agar Si Akang menjadi organisasi masyarakat yang mandiri dan berdaya secara ekonomi dan tercapai.

Lurah Sialang Sakti, H Hasan Nusi SE sangat mendukung kegiatan ini dan berharap kelompok tani dapat berkembang sesuai dengan namanya.

Tim pengabdian Unri yang membidani lahirnya Si Akang terdiri Dr dr Elda Nazriati MKes, drg. Rita Endriani MKes, Dr dr Sri Wahyuni MKes, dr Zulharman M.Med, Ir Herisiswanto MT, dan Rofika SE M.Ak. Kegiatan ini terintegrasi dengan kegiatan Kukerta Universitas Riau.

No comments:

Post a Comment