80 Persen Penambahan Kasus Positif Covid-19 dari OTG


https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-Kasus pasien terkonfirmasi positif di Riau masih terus bertambah, untuk hari ini, Senin (28/9), bertambah sebanyak 254 kasus, dan total terkonfirmasi jadi 7.034 kasus. Sedangkan untuk pasien yang sembuh dan pulang, juga bertambah sebanyak 110 orang, total jadi 3.445 orang. Untuk pasien yang meninggal bertambah 4 orang, total 147 orang meninggal akibat Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, penambahan kasus positif 80 persennya merupakan dari Orang Tanpa Gejala (OTG). Dimana banyak dari perusahaan dan juga instansi melakukan swab mandiri, termasuk dari hasil tracing pasien positif sebelumnya. 

“Penambahan sekarang lebih banyak yang OTG, kalau yang bergejala dia pasti kerumah sakit. Banyak yang tidak bergejala atau gejala ringan, kalau secara teorinya 80 persen tidak bergejala, pada umumnya seperti itu dalam hal penambahan,” ujar Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir. 

Lebih jauh dikatakan Mimi, bagi pasien yang bergejala dari awal akan langsung dibawa ke Rumah Sakit. Selama di Rumah sakit diberi perawatan, di Invus, diberi obat dan vitamin. Jika yang parah maka akan langsung masuk ICU.  

“Kan yang sudah bergejala suspek sudah di rumah sakit dia. Jadi memang sudah dirumah sakit awal-awal dapat gejala, kemudian di swab baru terdeteksi positifnya, kalau yang sekarangkan banyak yang tidak bergejala, swab mandiri dan positif,” jelas Mimi.

Sumber mediacenter.riau.go.id