Jokowi: Saya Titip Tol untuk Modal Perbaikan Ekonomi Daerah


https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-Tol Pekanbaru-Dumai sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual. Ada dua acara seremonial yang dilaksanakan, yakni di Istana Bogor dan di Gerbang Tol Dumai, Jumat, (25/92020).

Hadir dalam peresmian di Gerbang Tol Dumai yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan rombongan, Gubernur Riau Syamsuar dan rombongan, bupati/walikota, Forkompida provinsi dan kabupaten, DPR RI dapil Riau, serta tokoh masyarakat di Riau.

Presiden Jokowi dalam arahannya meminta agar Pemda bisa memanfaatkan tol untuk pengembangan ekonomi daerah.

“Saya titip tol ini agar dimanfaatkan menjadi modal untuk pemgembangan ekonomi daerah, peluang modal usaha masyarakat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai memiliki panjang 131 kilometer. Tol ini merupakan tol underpass perlintasan gajah pertama di Indonesia. Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai menelan dana sebesar Rp12,18 triliun.

Jalur bebas hambatan ini merupakan bagian dari 2.700 kilometer lebih Tol Trans Sumatera yang membentang dari Lampung ke Aceh sebagai koridor utama.

Jokowi mendesak kepada kepala daerah di Riau agar merespon dengan cepat terhadap keberadaan tol, dengan menyesuaikan regulasi-regulasi mendukung masuknya investasi. Dirinya juga meminta agar pelung ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Sumber mediacenter.riau.go.id