Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Saturday, September 26, 2020

Pelaku Pariwisata: Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan

0 comments

https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-Jalan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Dumai (Permai) resmi dioperasionalkan. Hadirnya aksesibilitas baru itu, membuat yakin para pelaku pariwisata, bisa mendongkrak sektor pariwisata Riau, melalui jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman.

Sekjen Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Osvian Putra, menyampaikan, keberadaan Tol Permai, masyarakat bisa memanfaatkan dengan untuk mengembangkan pusat-pusat ekonomi baru di Provinsi Riau.

"Mari kita manfaatkan dengan maksimal keberadaan jalan tol yang baru diresmikan ini supaya bisa menambah income dan devisa untuk negara," katanya di Pekanbaru, Sabtu (26/9/20).

Osvian juga berharap kedepannya selalu ada kampanye dari pemerintah dan instansi terkait, kepada pihak pelaku pariwisata agar menyerukan bahwa yang digenjot yakni mendatangkan wisman luar negeri ke Riau.

"Hadirnya Tol Permai bukan malah dimanfaatkan untuk membawa wisatawan dari dalam negeri berwisata keluar negeri, hal itu akan membuang devisa negara. Namun, sebaliknya Tol Permai diharapkan bisa mendatangkan wisatawan dari luar negeri ke Riau," imbau Osvian.

Ia mengatakan bahwa kebiasaan buruk masyarakat yang seperti itu harus ditinggalkan dan mengajak masyarakat memanfaatkan tol Permai untuk membangkitkan sentra ekonomi negara tanah air.

Sementara, Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Julfiyanto mengatakan, di beberapa titik kawasan Jalan Tol Permai, menurutnya bisa dijadikan nilai jual bagi wisatawan yang berkunjung ke Riau.

Julfiyanto mengungkapkan, bahwa Tol Permai mempunyai keunikan sendiri, karena terdapat 5 terowongan satwa untuk perlintasan gajah Sumatera yang terancam punah.

"Seperti diketahui, tol Permai memiliki lima buah terowongan gajah dan ini bisa menjadi nilai jual di kawasan tol tersebut yang nantinya bisa dinikmati wisatawan," katanya di Pekanbaru, Sabtu (26/9/20).

Sebagai seorang travel agencies, Julfiyanto melihat Provinsi Riau memiliki kawasan wisata yang komplit. Menurutnya Riau memiliki alam yang indah, budaya yang menarik dan kuliner yang boleh bersaing dengan daerah luar. Itu katanya bisa lebih dioptimalkan lagi dan dimanfaatkan agar wisatawan semakin tertarik dengan Riau dan pesona Bumi Melayu ini lebih dikenal publik.

Hal itu dinilainya, semakin membuat wisatawan tertarik jika mengetahui Tol Permai memiliki keunikan tersendiri yakni bisa menikmati perjalanan yang disuguhkan dengan pemandangan gajah-gajah liar yang melintas, tanpa mengganggu habitat gajah yang melintas di kawasan tersebut.

Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru - Dumai diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada Jumat (25/9) kemarin. Pada peresmian secara virtual itu , Presiden mengatakan, hadirnya tol sepanjang 131 kilometer ini dapat menumbuhkan sentra ekonomi baru dan bisa meningkatkan aktivitas perekonomian di wilayah Bumi Melayu Riau.

Sumber mediacenter.riau.go.id

No comments:

Post a Comment