Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Wednesday, September 2, 2020

Tangani Covid-19, Pekanbaru Bakal Terapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro

0 comments
https://www.birulangit.id/
Tangani Covid-19, Pekanbaru Bakal Terapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro

Birulangitid-Kasus terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 belakangan meningkat. Ada rencana Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) atau karantina wilayah terbatas.

"Pembahasan kita terkait rencana pembatasan sosial berskala mikro. Kita terapkan dalam wilayah tertentu, apakah itu kecamatan ataupun per kelurahan," kata Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT, Selasa (1/9/2020).

Penetapan wilayah yang ditetapkan sebagai pembatasan sosial berskala mikro itu tergantung dari hasil analisa dari tim epidemiologi Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau. Akan ada pemetaan wilayah mana yang jumlah kasus konfirmasi covid-19 tinggi dan wilayah rawan penyebaran.

"Kami akan membahas bersama tim gugus tugas kota dan provinsi untuk penentuan wilayah yang akan diterapkan. Tentu nanti, penerapan pembatasan sosial berskala mikro akan kami lakukan di wilayah yang tingkat kerawananannya tinggi atau zona merah," jelasnya.

Secara keseluruhan Kota Pekanbaru berada di zona orange. Namun, ada kecamatan yang masih berada di zona merah atau tingkat kerawanan penyebaran virus corona tinggi.

"Itu tugas tim terpadu antara Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru. Dari hasil keputusan dua tim tersebut nanti penerapan PSBM kita laksanakan. Gubernur menyampaikan, apakah Pekanbaru siap untuk PSBM, saya nyatakan siap. Apa pun kebijakan mesti kompak dalam menerapkannya," tegasnya.

PSBM diharapkan dapat diterapkan bulan ini. Pengusulan wilayah PSBM akan diajukan ke Pemprov Riau pada awal bulan ini. Nantinya akan dianalisa oleh tim pakar.

Selain melakukan PSBM, yang menjadi fokus dalam pengendalian pandemi covid-19 salah satunya meningkatkan sarana prasarana pelayanan, dan melakukan swab test massal.

Sumber mediacenter.riau.go.id


No comments:

Post a Comment