Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Saturday, September 12, 2020

UNRI Kembangkan Sumber Perikanan Jadi Pangan Masa Pandemi Covid-19

0 comments
https://www.birulangit.id/
UNRI Kembangkan Sumber Perikanan Jadi Pangan Masa Pandemi Covid-19



Birulangitid-Merebaknya pandemi Covid-19 yang saat ini dirasakan hampir seluruh negara di dunia, tidak menyurutkan semangat para ahli dalam mencari dan menggali ilmu pengetahuan.

Seperti halnya ahli perikanan dari enam negara yaitu Arab Saudi, Jepang, Thailand, Malaysia, Philipina dan Indonesia tetap semangat memperkenalkan metode baru pada bidang ilmu perikanan dan kelautan.

Metode baru yang sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar ini dipaparkan melalui webinar 9th International and National Seminar On Fisheries and Marine Science Universitas Riau melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming youtube.

“Kita mengajak para ilmuwan untuk dapat memanfaatkan sumberdaya perikanan sebagai ketahanan pangan pada masa pandemic Covid 19 ini untuk dapat diterapkan di masyarakat sekitar,” ujar Ketua Panitia Dr Windarti MSc didampingi Wakil Ketua Dr Muhammad Fauzi SPi MSi mengatakan, di sela-sela seminar, Pekanbaru, Jumat (11/9/2020).

Pada agenda kali ini juga tetap memaparkan Presentasi keilmuan dari ahli perikanan dan kelautan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, termasuk Fakultas Perikanan dan Kelautan (Faperika) Universitas Riau (Unri) serta beberapa instansi terkait.

Acara yang mengusung tema “FISHERIES AND MARINE SCIENCE FOR THE ACHIEVEMENT OF SDG’S IN REALIZING COMMUNITY WELFARE” ini dilangsungkan selama dua hari dan dihadiri oleh 11 pembicara utama diantaranya adalah Satoshi Nagai, Ph.D dari National Research Institute of Fisheries Science, Fisheries Research and Education Agency (Jepang), Prof. Dr. Ahmed H. Al-Harbi dari King Abdulaziz City for Science and Technology (Arab Saudi), Ram C. Bhujel. Ph.D dari Asian Institute of Technology (Thailand), Dr. Nurul Huda University Malaysia Sabah (Malaysia), dan Dr. Ir. Sofyan Siregar, M. Phil dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau (Indonesia) pada seminar Internasional.

Selanjutnya, pada seminar nasional (11/9) dihadiri oleh Dr. Ir. Luky Adrianto, M.Sc dari Institut Pertanian Bogor, Dr. Andreas D Patria, S.Pi, M.Si dari Kemenko Maritim, Ir. H. Herman, M.Si dari DKP Provinsi Riau, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, M.Sc dari Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof. Dr. Ali Suman Balai Riset Perikanan Laut KKP dan Dr. Trisla Warningsih, S.Pi, M.Si dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. Pada seminar ini juga membahas materi ilmiah yang berkaitan dengan Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan sebanyak 125 makalah presentasi Lisan."Kita berharap acara ini dapat memberikan inspirasi kepada kita untuk melakukan penelitian. Melalui ini pula diharapkan ilmu yang diberikan dapat kita manfaatkan untuk masa yang akan datang," harap Windarti pula.

Ketua Pelaksana kegiatan ISFM ke-9 ini juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Riau atas kerjasama yang baik dalam menghadirkan Seminar ini. "Secara pribadi saya ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para anggota Panitia, karena sudah bertungkus lumus untuk menyukseskan acara tahunan ini, sebab tak dapat dipungkiri atas kerja tim yang baik dan upaya besar mereka acara ini dapat terlaksana dengan baik," tutur Windarti.

No comments:

Post a Comment