Bantuan PCR dari BNPB Diperkirakan Tiba di Riau November 2020


https://www.birulangit.id/

Birulangitid-Bantuan alat PCR untuk membantu percepatan pananggulan Covid-19 di Riau dari BNPB akan segera datang.


DIkutip dari laman mediacenter.riau.go.id Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir memperkirakan bantuan 6 unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan tiba di Bumi Lacang Kuning pada awal November 2020 mendatang.

Sebab, kata Mimi, pengiriman alat PCR itu juga harus bersamaan dengan reagennya. Sementara, saat ini pusat juga masih sedang melakukan proses pengadaan untuk memenuhi ketersediaan reagen tersebut.

"PCR yang dikirim, tentu dengan reagen-nya. Nah, reagen yang tersedia di pusat, oleh rekanan itu belum mencukupi untuk di-drop ke Pekanbaru, jadi mereka harus impor dulu," kata Mimi, Kamis (1/10/2020).

Apalagi, tambah Mimi, jumlah reagen tersebut harus mencukupi untuk kebutuhan selama tiga bulan kedepan sehingga nantinya tidak menimbulkan hambatan dalam proses pemerikasaan sampel swab untuk penanganan Covid-19 di Riau.

"Kalau segala proses menyangkut administrasi dan legalitas sudah, baru PCR dan reagen itu dikirim ke Pekanbaru," kata Mimi. "Hasil pembicaraan dan koordinasi saya dengan mereka, katanya PCR itu tiba awal November. Oktober ini disiapkan semua, awal November sudah bisa dikirim," demikian Mimi.