Gubernur Riau: Tugas dari Pemerintah Tracing dan Testing Dalam Rangka Memutus Penyebaran Covid-19


https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, menyampaikan bahwa tugas dari pemerintah pusat yaitu tracing dan testing bagi yang memiiki gejala Covid-19. Adapun kebijakan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

"Yang mana diketahui, tracing untuk orang yang kontak erat dengan kasus positif Covid-19," terang Syamsuar di Kediaman Gubernur Riau, Jumat malam (9/10/2020). 

Gubri menjelaskan, testing ini ditujukan kepada pemeriksaan swab yang merupakan suspect atau yang memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Seperti ada gejala batuk dan demam namun tidak mau berobat. 

"Kalau dia ke rumah sakit padahal ditanggung pemerintah apalagi kalau suspect itu juga masih ditanggung pemerintah," ungkap Gubri. 

Lebih lanjut ia mengatakan, jika ada tanda atau gejala Covid-19 untuk segera berobat ke rumah sakit. Karena jika dibiarkan, maka Ini sangat bahaya bagi keluarganya bisa menularkan kepada orang lain. Oleh karenanya ia mengimbau kepada masyarakat yang memiliki gejala seperti itu silahkan datang ke rumah sakit karena biayanya ditanggung pemerintah. 

"Sebab kami mendengar masih ada masyarakat yang takut untuk berobat dengan adanya gejala," ungkap Syamsuar.

Sumber mediacenter.riau.go.id