Gubri Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang



Gubri Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Birulangitid-Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar melakukan peninjauan pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru - Bangkinang, Selasa (23/3/21).


Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Ia menerangkan, tujuan peninjauan ini dalam rangka untuk mengetahui bila ada permasalahan yang belum dapat diselesaikan, tentunya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Forkopimda Riau akan membantu menyelesaikannya.

"Tadi kami sudah tahu masih ada ruas jalan yang nanti perlu mendapatkan izin penetapan lokasi namun ruas itu masuk ruas Pekanbaru-Rengat," katanya.

Ia menjelaskan, ruas tol Pekanbaru-Rengat sekarang ini masih ada yang harus ditindaklanjuti dengan mendapatkan izin pinjam pakai dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) karena berada di kawasan hutan. Untuk itu pihaknya sudah mengajukan surat ke LHK untuk mendapatkan izin penetapan lokasinya.

Gubri menyebutkan, pihaknya mengusulkan dengan Project Direktur PT Hutama Karya (HK) Bambang Eko untuk memungkinkan atau tidak jika sisa dari menunggu izin dari LHK ini diberikan dulu izin penetapan lokasinya di luar ruas jalan izin pinjam pakai dari LHK agar pekerjaan yang sekarang dikerjakan PT HK ini bisa dikerjakan.

"Namun tadi disampaikan Pak Bambang, karena ruas jalan itu yang bertugas bukan Pak Bambang lagi, ya nanti kami akan berkoordinasi dengan kementerian PU dan HK," ujarnya.

Selanjutnya, Project Direktur PT Hutama Karya (HK), Bambang Eko mengungkapkan progres konstruksi PKU - BKN sudah mencapai 62 persen dan sepanjang 29 kilometer sudah dalam keadaan fungsional. Ia berharap tahun 2021 ini progres bisa selesai, namun untuk rencana kapan beroperasi tol tersebut menurutnya atas kebijakan pusat.

"Alhamdulillah karena ada bantuan Bupati Kampar semua lancar, masyarakat disini diberi pengarahan oleh pak bupati untuk membantu proyek kami. Ganti rugi tinggal sedikit lagi ada proses yang perlu diselesaikan," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto mengharapkan Pembangunan tol ini dapat meningkatkan akses jalan yang baik dan mendapatkan efek yang baik juga untuk ekonomi maupun industri daerah khususnya di Kabupaten Kampar.

"Semua akan berjalan dengan baik sesuai dengan progres, semoga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di sini (Kampar, red)," tuturnya. Turut mendampingi Gubri dalam peninjauan tersebut, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Asisten III Setda Riau Syahrial Abdi, serta kepala OPD terkait lainnya.