Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Thursday, March 25, 2021

Mengintip Hasil Sayembara Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru dari

0 comments


Mengintip Hasil Sayembara Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru dari

Birulangitid-Wacana dimulainya pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Baru menguat. Groundbreaking kantor presiden ini dikabarkan bakal dimulai pada tahun 2021.


Sebagaimana dikutip dari Kumparan Kabar tersebut kian dikuatkan dengan telah adanya desain dasar ibu kota baru di Kalimantan Timur ini. Seperti apakah kira-kira desain kawasan IKN tersebut?

Bila tetap mengacu pada sayembara desain IKN yang pernah digelar pemerintah, maka boleh jadi rancangan Istana Presiden yang baru bakal mengadopsi desain 'Nagara Rimba Nusa'.

Gedung ini punya ciri khas dengan atap menjulang lancip, berikut dengan lambang burung garuda. Usut punya usut, desain bangunan ini mengadopsi lebih dari satu bentuk rumah adat.

"Desain dalam proses penyiapan. Basic design sudah ada, basic design terpilih dari desain beberapa arsitek terpilih," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, saat dihubungi, Kamis (18/3).

Kompleks IKN ini nantinya, juga bakal dilengkapi gedung eksekutif, legislatif, sampai yudikatif. Ada juga Plaza Bhinneka Tunggal Ika yang dibuat dengan konsep merayakan keberagaman budaya setiap provinsi.

Plaza ini akan menjadi ruang sosial dan edukasi warga dan pengunjung. Adapun tempat terbuka lainnya, adalah Danau Pancasila.

Groundbreaking Bakal Digelar April 2021


Berdasarkan informasi groundbreaking Istana Negara di ibu kota baru bakal dilaksanakan pada April 2021 atau bulan depan.

Soal Istana Presiden di ibu kota baru bakal dibangun secepatnya, juga dilontarkan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa. Menurut Suharso, ada kemungkinan Presiden Jokowi melaksanakan upacara HUT RI pada 2024 di ibu kota baru.

"Tanggal 17 Agustus 2024 itu Presiden bisa melaksanakan 17 Agustus itu di ibu kota negara baru," tegasnya.

No comments:

Post a Comment