Pj Sekdaprov Riau: Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Melalui Digitalisasi



Pj Sekdaprov Riau: Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Melalui Digitalisasi

Birulangitid-Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy menyebutkan kebangkitan ekonomi kerakyatan melalui digitalisasi telah sesuai dengan dasar kebijakan pembangunan visi dan misi Provinsi Riau Tahun 2019-2024.


Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber dalam webinar yang ditaja oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Riau di Ruang Riau Command Center (RCC) Menara Lancang Kuning, Jumat (19/03/21).

Masrul Kasmy mengungkapkan visi dan misi Provinsi Riau yaitu terwujudnya Riau berdaya saing, sejahtera, bermartabat, dan unggul di Indonesia (Riau bersatu).

"Sedangkan misinya terbagi beberapa poin salah satunya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang prima berbasis teknologi informasi," katanya

Menurutnya, perkembangan teknologi dan tuntunan masyarakat akan penyelenggaraan yang efektif, efesien, transparan dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas, mudah, cepat, tepat, akurat, dan terukur merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari.

"Karena itu dalam implementasi misi kelima RPJMD 2019-2024 yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang prima berbasis IT, menjadi dasar untuk mengembangkan sistem ekonomi yang berbasis teknologi,"ucapnya

Dengan pelayanan publik yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi dapat mendorong percepatan peningkatan ekonomi masyarakat Riau khususnya.

Adapun yang menjadi dasar hukum penerapan e-Government di provinsi Riau yaitu Instruksi presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2003 terkait pengembangan e-Government untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik.

"Hal ini dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien," tuturnya.

Melalui pengembangan e-Government, ungkap Masrul, dapat dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalisasikan pemanfaatan teknologi informasi.

"Diharapkan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi terhadap pelayanan publik dapat diakses secara mudah dan murah oleh masyarakat di seluruh wilayah negara," tutupnya. Turut hadir dalam webinar tersebut, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi secara virtual, Assisten II Setdaprov Riau Evarefita, Ketua Umum Kadin Riau Supianto, CEO & founder eGuards Fauzishak, serta peserta webinar lainnya.