Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, April 5, 2021

Kawanan Gajah Masuk Perkebunan di Kuansing, BBKSDA Turunkan Tim

0 comments


Kawanan Gajah Masuk Perkebunan di Kuansing, BBKSDA Turunkan Tim

Birulangitid-Kawanan gajah liar yang berjumlah 17 ekor diketahui masuk ke perkebunan warga di wilayah Kuantan Singingi (Kuansing). Kawanan gajah tersebut pertama diketahui pada Kamis (1/4) lalu. Akibatnya, tak sedikit tanaman warga rusak dimakan satwa berbadan tambun dilindungi itu.


Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Kepala Bidang Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Riau, Andri Hansen Siregar saat dikonfirmasi menjelaskan, kawanan gajah itu datang dari wilayah Taman Nasional Teso Nilo (TNTN). "Terakhir terpantau Minggu (4/4) kemarin. Saat ini tim masih berada di sana. Dimana kawanan ini melintasi tiga desa yakni desa Sei Kijang, Teratak rendah dan Rambah," bebernya.

Terang Andri, Minggu kemarin pihaknya telah melakukan penyisiran di wilayah tersebut. Namun tim gabungan belum menemukan kawanan gajah yang sejatinya berjumlah 18 ekor dari TNTN itu

Pihaknya hanya menemukan bekas jejak, kotoran hingga tanaman masyarakat yang rusak menjadi santapan satwa bernama latin Elephas maximus Sumatranus itu.

"Wilayah ini memang daerah perlintasanya menuju Gunung Melintang hingga ke TNTN," katanya.

Katanya, saat ini tim BBKSDA Riau masih berada di tiga desa yang menjadi perlintasan gajah tersebut. Pihaknya tengah melakukan mitigasi dan bersinergi bersama masyarakat untuk upaya penggiringan dan mengantisipai adanya konflik antara masyarakat dan satwa tersebut.

"Sambil menunggu kesepakatan, saat ini masyarakat juga masih melakukan penjagaan di kebunnya masing-masing. Kalau malam mereka membuat api unggun untuk menghalau gajah tersebut masuk ke kebun mereka," tandasnya.

No comments:

Post a Comment