Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, April 5, 2021

Panen Raya, Pemerintah Terus Lakukan Gerakan Serap Gabah Petani

0 comments


Panen Raya, Pemerintah Terus Lakukan Gerakan Serap Gabah Petani

Birulangitid-Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan pengawalan panen raya padi dan gerakan serap gabah petani di semua daerah. Hal ini dilakukan guna mengoptimalkan hasil panen untuk menjamin stok beras nasional dan menstabilkan harga gabah/beras petani saat musim panen raya.


Dikutip dari setkab.go.id “Pertanian begitu keras didorong pemerintah dan produktivitasnya cukup bagus. Lalu bagaimana serapannya? Kita dorong semua stakeholder yakni Bulog, PT. RNI, dan penggilingan serta pihak swasta untuk menyerap gabah petani dengan harga sesuai HPP [harga pembelian pemerintah],” ujar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo pada panen raya padi dan gerakan serap gabah di Desa Srikaton, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatra Selatan (Sumsel), Sabtu (03/04/2021).

Mentan menjelaskan, upaya pemerintah tidak hanya sampai pada tahap peningkatan produksi, namun juga meningkatkan penanganan pascapanen yakni dryer dan rice milling unit (RMU) atau penggilingan sehingga beras yang dihasilkan petani berkualitas tinggi dan mudah diserap dengan harga yang memberikan keuntungan. Dengan demikian, secara bertahap pemerintah meningkatkan kesejahteraan petani dan sektor pertanian semakin terdepan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Sesuai arahan Presiden Jokowi, tidak hanya budidaya kita dorong, tapi juga pascapanennya, salah satunya kualitas RMU sehingga beras yang dihasilkan dalam packaging dan kualitas yang bagus dan juga harganya tidak di luar HPP,” ujarnya.

Lebih lanjut Mentan menegaskan, pemerintah berkomitmen membantu petani agar tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan prasarana dan sarana produksi padi hingga menangani pascapanen agar harga gabah/beras tetap terjaga. Oleh karena itu, Kementan terus bekerja sama dengan perbankan menyediakan fasilitas permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Selain bantuan bersumber dari dana APBN [Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara], Kementan bersama perbankan menyediakan fasilitas KUR untuk meningkatkan produksi dan secara mandiri melakukan pengembangan usaha tani dengan skala ekonomi tertentu yang menguntungkan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengungkapkan, potensi panen Januari-April 2021 di wilayahnya seluas 405.404 hektare dan luas panen bulan April ini mencapai 84.216 hektare.

“Harga gabah/beras memang fluktuatif meskipun ada HPP. Produksi padi kita tingkatkan dan hasilnya produksi padi di Sumsel tinggi. Ini adalah keberhasilan program Pak Menteri dan kita sangat mengapresiasinya. Untuk menjamin harga gabah saat musim panen raya, kami menyambut baik dan mengawal kebijakan Pak Menteri agar Bulog membuka selebar-lebarnya gudang agar menyerap gabah petani dengan harga sesuai HPP,” ujar Herman.

Pada panen raya padi di Kabupaten OKU Timur ini sekaligus dilakukan juga gerakan serap gabah petani. Gerakan ini mulai dilakukan Kementan sejak bulan Maret lalu sehingga kontraksi harga gabah/beras pada musim panen raya sudah diminimalisir sejak awal.

Pada panen raya kali ini juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman kesanggupan menyerap gabah/beras petani yang dilakukan Komando Strategi Penggilingan (Kostraling), Perum Bulog, PT. RNI, dan Bank Sumsel Babel.

Dalam nota kesepahaman tersebut, periode April-Juni 2021 Kostraling sepakat menyerap gabah petani 4.800 ton atau setara 3.048 ton beras, PT. RNI sepakat menyerap gabah 500 ton per bulan, dan Perum Bulog menyerap gabah sebesar 80 ribu ton atau setara 50 ribu beras. Sementara Bank Sumsel Babel menyiapkan KUR untuk Kostraling guna menunjang kegiatan budidaya, penanganan panen, pascapanen, dan pengolahan hasil terpadu. Adapun besarnya bantuan yang digelontorkan Kementan untuk Sumsel adalah senilai Rp122,6 miliar dan Kabupaten OKU Timur Rp14,9 miliar. Bantuan berupa benih, pupuk, alat mesin pertanian modern untuk pra dan pascapanen, dan bantuan lainnya.

No comments:

Post a Comment