Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Saturday, June 26, 2021

Universitas Riau Taja Musabaqoh Tilawatil Qur'an Mahasiswa (MTQM) 2021

0 comments


Universitas Riau Taja Musabaqoh Tilawatil Qur'an Mahasiswa (MTQM) 2021

Birulangitid-Universitas Riau mengadakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Mahasiswa (MTQM), dalam rangka untuk mencari Kafilah utusan Universitas Riau yang akan bertanding ditingkat Nasional.

Kegiatan MTQM tingkat Universitas Riau mempertandingkan cabang:

1. Tilawah Qur'an
2. Tartil Qur'an 
3. Qiraat Sabaah 
4. Hifzhil Qur'an
5. Khatil Qur'an
6. Fahmil Qur'an
7. Syarhil Qur'an
8. Karya Tulis Qur'an
9. Debat Bahasa Arab dan Inggris
10. Barzanji

MTQM tingkat Universitas Riau diikuti oleh perwakilan dari setiap Fakultas yang ada di Universitas Riau. Sebelumnya para peserta sudah mengikuti proses seleksi di tingkat Fakultas. Para pemenang kemudian bertanding pada kegiatan hari ini. MTQM tahun ini diadakan secara semi hibrid dengan menghadirkan para hakim juri di hotel The Zuri Pekanbaru dan peserta secara daring lokasi masing-masing, kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 26 - 27 Juni 2021.

Dalam sambutannya Dr. Eka Armas selaku Penanggung Jawab kegiatan MTQM kali ini mengajak seluruh peserta agar berjuang maksimal dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya sehingga akan diperoleh perwakilan Universitas Riau untuk bertanding di tingkat Nasional adalah mereka yang terbaik.

Dr. Eka juga mengingatkan bahwa Universitas Riau selalu berprestasi di tingkat Nasional, harapannya MTQM Nasional di tahun ini prestasinya harus semakin meningkat.

Prof. Iwantono Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam sambutannya ketika membuka secara resmi menyampaikan bahwa MTQM ini merupakan muara dari kegiatan rutin di bidang kemahasiswaan yaitu pembinaan mahasiwa pada bidang mental spritual melalui pendekatan mahasiswa kepada Al-Qur'an dengan cara memberikan program bagi mahasiswa yang muslim yaitu program Tahsin dan Tahfids Al-Qur'an sampai pada MTQM yang berjenjang dari tingkat Fakultas sampai Nasional.

MTQM merupakan upaya dilakukan untuk lebih memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Alqur'an dalam kehidupan sehari-sehari. MTQM merupakan muara utama dari semua kegiatan bagi mahasiswa muslim tutur Prof Iwantono.




Dalam sambutanya Prof Iwantono menyampaikan bahwa Pimpinan UNRI sangat mengapresiasi penuh kegiatan ini dan berharap dari MTQM ini dapat menghasilkan Kafilah UNRI yang terus mempertahankan tradisi Universitas Riau dalam memboyong medali di MTQM Nasional. Beliau juga mengucapkan terimakasih atas kolaborasi dari Ikatan Persaudaran Qori-Qoriah dan Hafizh Hafizhah (IPQAH) Provinsi Riau yang ikut mensukseskan kegiatan ini.

No comments:

Post a Comment