Disdik Riau Berupaya Menyajikan PAUD Berkualitas



Disdik Riau Berupaya Menyajikan PAUD Berkualitas

Birulangitid-Pemerintah Provinsi (Pemrov) Riau melalui Dinas Pendidikan, mendorong lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk meningkatan kualitas pendidikan agar menghasilkan anak-anak yang cemerlang.

Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Melalui Pendidikan Anak Usia Dini, Kabid Pendataan dan Pengembangan Pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dasril, mengharapkan dapat membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar serta mempengaruhi kehidupannya dimasa dewasa.

"Betapa strategisnya peran Pendidikan Anak Usia Dini, kita terus berupaya untuk menyajikan Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas," kata Dasril pada acara Pembukaan PAUD Fair ke-10 se-Indonesia secara virtual di Pekanbaru, Senin (14/3/2022).

Dasril menyebutkan, PAUD merupakan suatu tahap pendidikan yang tidak dapat diabaikan karena ikut membantu pengembangan dan keberhasilan anak. Adanya PAUD diharapkan anak tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Sehingga mereka menjadi anak-anak yang cemerlang.

"Pendidikan yang diperoleh anak usia dini sangat menentukan perkembangan dan prestasi anak," tuturnya.

Menurut Dasril, PAUD adalah bentuk pendidikan yang paling dasar bagi anak-anak sebelum memasuki jenjang pendidikan formal.

"Pendidikan terhadap anak usia dini merupakan masa emas bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada usia dini, anak akan mengalami pertumbuhan otak yang sangat pesat, perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak sedang terbentuk bisa mencapai 80%,” terang Dasril.

Peran orang tua, lanjut Dasril, memberikan pengaruh yang sangat besar karena pembangunan karakter anak. Sehingga peran orang tua di rumah dan guru di sekolah sangat penting untuk menghasilkan anak-anak berkualitas.

"Sebagai orang tua tentu kita harus menjawab dan membangun karakter anak yang mulai terbentuk sejak usia dini," ungkapnya.

Dengan demikian selain orang tua, Dasril menuturkan bahwa guru berkualitas tentu akan menentukan keberhasilan Pendidikan Anak Usia Dini.

"Untuk itu kami minta kepada Lembaga Pendidikan Tinggi di Riau agar dapat membatu pemerintah dalam mengembangkan sumberdaya calon guru PAUD yang profesional. Sehingga kita dapat memenuhi standar pendidikan berkualitas seiring dengan pertumbuhan sosial yang cepat di masyarakat," ucap Dasril.

Comments

Popular posts from this blog

MENGGESER SAJDAH DENGAN KAKI, EITS TUNGGU DULU

Beberapa Jenis Panah Tradisional

Jenis Jabatan Fungsional Teknis PPPK yang Bisa Peroleh Nilai Tambahan, Cek Aturannya